Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sumatera Barat · 25 Agu 2022 21:18 WIB ·

Gubernur Sumbar Kenalkan Tradisi Ka Lapau ke Peserta SLISN PPRA LXIV


 Gubernur Sumbar Kenalkan Tradisi Ka Lapau ke Peserta SLISN PPRA LXIV Perbesar

Sumatera Barat | Topsumbar – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjamu makan malam peserta studi SLISN PPRA LXIV Tahun 2022, Lemhanas RI yang dilaksanakan di Auditorium Gubernuran, Rabu (24/8/2022) malam.

Sebanyak 25 Peserta studi tersebut berada di Sumbar dalam rangka melakukan Studi Lapangan Isu Strategis Nasional (SLISN) PPRA LXIV Tahun 2022 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI di Kota Solok.

Dalam kesempatan tersebut, gubernur mengenalkan kepada anggota SLISN bahwa masyarakat Minangkabau sangat suka ke lapau (warung). Ia menyebut lapau memang dekat dengan kehidupan ekonomi masyarakat Sumbar.

Banyak masyarakat yang menggantungkan kehidupan ekonominya dari sana. Lapau juga menjadi tempat pemenuhan kebutuhan harian masyarakat secara luas. Tak hanya fungsi ekonomi, lapau juga memiliki fungsi sosial-budaya dalam masyarakat Sumbar.

“Masyarakat Minangkabau sangat suka ke lapau hal itu menjadi tradisi disini, di lapau mereka melakukan musyawarah serta berbagai permasalahan atau konflik yang terjadi di nagari, mereka selesaikan di lapau,” ungkap gubernur.

Disamping itu Tenaga Ahli Pengajar Bidang SKA Lemhanas RI, Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, melaporkan tujuan Anggota SLISN ke Sumbar ialah melakukan studi lapangan isu strategis nasional. Adapula tujuan dari program tersebut adalah untuk melakukan lesson learned keunggulan di Sumbar sehingga bisa ditiru oleh provinsi lain.

“Kami tertarik dengan 25 program unggulan (progul) yang dicanangkan oleh gubernur, kemudian atas diskusi sebelumnya diambil dua progul yaitu pariwisata dan pertanian,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi keunggulan pariwisata di Sumbar seperti kuliner, kebudayaan, dan sumber daya alam. Apalagi soal budaya, banyak yang bisa dipelajari di Sumbar.

Ia juga melaporkan jumlah peserta
SLISN PPRA LXIV 2022 berjumlah seratus orang yang dibagi pada empat daerah di Indonesia. Daerah tersebut ialah Sumbar, Nusa Tenggara Timur, Bangka Belitung dan Papua. (HT)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Hits: 8

Artikel ini telah dibaca 69 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kanwil Kemenkumham Sumbar Jaring Aspirasi Masyarakat Melalui Dialog RUU KUHP

28 September 2022 - 10:35 WIB

Semarakan Hari Jadi Sumatera Barat ke 77

27 September 2022 - 14:10 WIB

Cuaca Sumbar 25-27 September, Ini Prakiraan BMKG Stasiun Minangkabau

25 September 2022 - 14:12 WIB

HUT Lantas Ke-67, Kapolda Sumbar: Jajaran Lalu Lintas adalah Miniatur Tugas Pokok Polri

23 September 2022 - 08:35 WIB

Pembagian BLT Ricuh, Lisda Hendrajoni: Pemerintah Harus Carikan Solusi, Jangan jadikan tontonan

22 September 2022 - 15:11 WIB

Polda Sumbar Salurkan 5000 Paket Bansos Kepada Komunitas Ojek, Angkot dan Betor

21 September 2022 - 12:42 WIB

Trending di Sumatera Barat