Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sumatera Barat · 17 Agu 2022 10:02 WIB ·

Gubernur Mahyeldi Ikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kusuma Negara


 Gubernur Mahyeldi Ikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kusuma Negara Perbesar

Sumatera Barat | Topsumbar – Apel Kehormatan dan Renungan Suci digelar dengan khidmat di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara, Lolong, Kota Padang, Rabu (17/8/2022) dinihari. Meski dilakukan sederhana, tetapi tidak kurangi kesakralan pelaksanaan aktivitas tersebut.

Upacara yang jadi bahagian dari alur peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77 th. ini, diawali tepat pukul 00.00 WIB dini hari.

Apel dipimpin oleh Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto selaku inspektur upacara. Hadir Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi dengan jajaran Forkopimda Sumbar, diantaranya nampak Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama Endra Sulistiyono, Danlanud Sutan Syahrir Kolonel Pnb Fahlefie, Ketua Pengadilan Tinggi Padang, Kejati Sumbar, Kabinda Sumbar dan Sekdaprov Sumbar. Turut hadir pula kepala OPD lingkup Pemprov Sumbar.

Selain itu, Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang berjalan dengan penuh khidmat ini juga diikuti pasukan kombinasi TNI-Polri.

Apel Kehormatan dan renungan suci ditandai dengan penyalaan api obor, dan doa serta mengheningkan cipta mengenang jasa arwah para pahlawan yang sudah gugur.

Danrem juga membacakan naskah apel kehormatan yang tunjukkan penghormatan yang setinggi-tingginya atas keikhlasan pengorbanan para pahlawan yang gugur dalam pengabdian serta perjuangan membela negara dan bangsa.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kita pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kita juga,” ucap Danrem Brigjen TNI Purmanto, membacakan naskah.

Usai apel, Gubernur Mahyeldi menyatakan, rasa hormat sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan Pahlawan. Gubernur juga mengajak semua masyarakat, terlebih para generasi muda sebagai calon pemimpin era depan bangsa untuk meneladani dorongan juang para pahlawan.

“Sesuai dengan moto kemerdekaan th. ini, pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, mari jadikan momen kemerdekaan th. ini sebagai dorongan baru untuk bangkit layaknya dorongan para pejuang dan pahlawan kita yang mau berkorban jiwa raganya demi bangsa dan negara ini,” ujar gubernur.(HT)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Hits: 15

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kanwil Kemenkumham Sumbar Jaring Aspirasi Masyarakat Melalui Dialog RUU KUHP

28 September 2022 - 10:35 WIB

Semarakan Hari Jadi Sumatera Barat ke 77

27 September 2022 - 14:10 WIB

Cuaca Sumbar 25-27 September, Ini Prakiraan BMKG Stasiun Minangkabau

25 September 2022 - 14:12 WIB

HUT Lantas Ke-67, Kapolda Sumbar: Jajaran Lalu Lintas adalah Miniatur Tugas Pokok Polri

23 September 2022 - 08:35 WIB

Pembagian BLT Ricuh, Lisda Hendrajoni: Pemerintah Harus Carikan Solusi, Jangan jadikan tontonan

22 September 2022 - 15:11 WIB

Polda Sumbar Salurkan 5000 Paket Bansos Kepada Komunitas Ojek, Angkot dan Betor

21 September 2022 - 12:42 WIB

Trending di Sumatera Barat