Gubernur dan Wagub Sumbar Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut Samudera Hindia

Sumatera Barat | Topsumbar – Didampingi 30 peselam profesional berasal dari bermacam komunitas selam di Sumatera Barat (Sumbar), Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, menggelar prosesi pengibaran Bendera Merah Putih di dalam rangka peringatan hari ulang th. kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di dasar laut Samudera Hindia, tepatnya di kawasan Gosong Laut, yang berjarak kira-kira 12 mil berasal dari Kota Padang, Sabtu (6/8/2022).

Upacara singkat dan sederhana di kedalaman 5 mtr. berikut mulai begitu khidmat selagi seluruh penyelam lakukan sikap hormat dan bendera dinaikkan secara dengan oleh Gubernur Buya Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy, sambil keduanya bergandengan tangan.

Selain upacara bawah laut, di kawasan yang sama, duo pimpinan Sumbar itu dengan para penyelam termasuk lakukan aksi pembentangan bendera merah putih sepanjang 77 mtr. cocok usia HUT RI th. ini.

Bacaan Lainnya

“Indonesia itu tersedia darat, udara dan termasuk laut. Hari ini, di dalam rangka peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 77, kami menyelam, kibarkan bendera di Samudera Hindia, satu diantara Pulau Sumatera dengan Kepulauan Mentawai,” kata gubernur didampingi Wagub Audy, selagi diwawancarai dianjungan KP. Tenggiri punya DKP Sumbar, usai pelaksanaan prosesi.

“Tadi kami termasuk bergandengan tangan sambil mengibarkan bendera merah putih di bawah laut. Jadi kami bergandengan tangan tidak cuma di darat, tapi termasuk di bawah laut, untuk Sumatera Barat dan Indonesia yang lebih baik,” sambung Gubernur Mahyeldi.

Gubernur menyebut kegiatan ini tak cuma seremonial semata tapi sebagai perwujudan cinta tanah air sekaligus jadi pesan untuk rakyat Indonesia dan penduduk Sumbar khususnya untuk bersama merawat dan melestarikan kekayaan laut Indonesia.

Ditambahkan, kegiatan ini sekaligus untuk mempromosikan keindahan alam bawah laut Sumatera Barat, flora fauna dan terumbu karangnya terlalu kaya, bahkan tidak kalah dengan kawasan lain di Indonesia.
Sebelumnya, untuk menggapai lokasi Gosong Laut, gubernur dan wagub dengan sejumlah kepala OPD Pemprov Sumbar pakai jetski berasal dari Dermaga BPBD di Muaro Padang. Terdapat 10 jetski yang turut mendampingi berikut kapal BPBD, Basarnas dan kapal DKP Sumbar. Sebelum berangkat, dilakukan upacara singkat penyerahan bendera berasal dari Paskibraka Sumbar kepada Gubernur Mahyeldi.

Wagub Audy mengungkapkan inspirasi kegiatan ini berawal berasal dari Rakor Kepala Daerah se-Sumbar di Kabupaten Kepulauan Mentawai, beberapa selagi lalu, dimana selagi itu gubernur berkesempatan menyelam menikmati keindahan bawah laut. Selajutnya di dalam kesempatan lain, wagub termasuk menjajal jetski berasal dari Padang menuju Mentawai.

“Jadi kenapa tidak kami kombinasikan saja, dua olahraga ini di dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke-77. Sekaligus kami dambakan mengekspos keindahan bawah laut Sumbar untuk menyongsong Visit Beautiful West Sumatera 2023,” ungkap wagub.

“Sumbar mungkin sepanjang ini terkenal dengan keindahan alam pegunungannya, bukit dan danau, tapi kami termasuk memiliki alam bawah laut yang bagus. Makanya kami membuat kegiatan ini agar Indonesia tau bahwa keindahan lautnya dan keramahtamahan warganya tidak kalah dengan area lain di nusantara ini,” tambah wagub.

Sementara itu, koordinator kegiatan penyelaman yang termasuk instruktur selam profesional berasal dari Minangkabau Diver, Mabruri Tanjung, menyebut, dipilihnya kawasan Gosong Laut dikarenakan kawasan ini merupakan satu berasal dari puluhan titik penyelaman kelas dunia yang tersedia di Sumbar. Kawasan bawah laut di spot ini memiliki keindahan panorama hamparan terumbu karang dan penyelam dapat memandang bermacam ikan karang dan juga selanjutnya lintas penyu menuju pulau terpencil untuk bertelur.

“Alhamdulillah ini jadi kegiatan yang pertama dan gubernur dengan wakil gubernur terlalu menunjang sekali kegiatan di alam. Kita meminta melalui kegiatan ini kegiatan bahari kami dapat lebih baik ulang kedepannya,” ingin Tanjung.(HT)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait