Diskomimfotik Sumbar Gelar Bimtek Penanggulangan Insiden Keamanan Siber dan Sandi

Sumatera Barat | Topsumbar – Dinas Kominfotik Provinsi Sumatera Barat melalui Bidang Siber dan Sandi bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), melakukan kesibukan bimtek penanganan insiden didalam rangka memberikan penguatan kepada Narahubung Computer Security Incident Response Team (CSIRT) yang ada di OPD berkenaan bagaimana penanggulangan insiden dan pemulihan pasca insiden keamanan siber dan sandi.

Kegiatan yang terjadi di Aula BKD Sumbar, Selasa (16/8/2022), ini memiliki tujuan untuk membangun sinergi dan kolaborasi antara personal of contact (POC) CSIRT Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Sumatera Barat dengan CSIRT Provinsi Sumbar.

Kepala Dinas Kominfotik Sumbar, yang diwakili Kepala Bidang Siber dan Sandi, Eko Faisal, didalam sambutan pembukaannya menyebut, bersamaan dengan pertumbuhan pesat teknologi saat ini, keamanan siber menjadi segi penting. Teknologi yang makin berkembang sesudah itu juga mendorong ancaman serangan siber yang makin kompleks untuk dihadapi.

Bacaan Lainnya

“Ada tiga hal yang mesti ditunaikan oleh organisasi, diantaranya adalah manajemen insiden, penanganan insiden, dan juga respon pada insiden. Proses manajemen insiden tidak hanya berbentuk sesuatu yang teknis, namun juga merupakan sebuah sistem untuk mengatasi ancaman insiden siber pada organisasi. CSIRT merupakan salah satu bagian berasal dari kemampuan manajemen insiden cyber security,” ujar Eko.

Eko berharap, melalui Bimtek ini dapat memberikan pemahaman yang mirip bagi OPD di Sumatera Barat didalam menerapkan incident handling cyber. Karena sejatinya, tiap-tiap apa yang dapat ditunaikan dan ditunaikan oleh pemerintah area pasti dapat memperoleh tantangan dan ancaman berasal dari pihak yang tidak bertanggung jawab melalui cara-cara yang beragam.

Bimtek ini diikuti 50 peserta yang menjadi POC atau narahubung CSIRT di OPD Provinsi Sumatera Barat. Melalui Bimtek ini diinginkan POC makin memahami diantaranya berkenaan identifikasi pada ancaman, problem dan serangan yang menjadi insiden keamanan pc pada OPD. Termasuk melakukan pencatatan pada adanya problem dan serangan yang mengancam keamanan pc di OPD.

Bimtek ini menghadirkan narasumber Gesi Deta Hendika W, berasal dari BSSN, yang menyampaikan materi berkenaan model dan bentuk insiden keamanan sistem elektronik, dan juga penanganan basic insiden keamanan sistem elektronik.(HT)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait