Cuaca Sumbar 20-23 Agustus, BMKG: Hampir Seluruh Daerah Berpotensi Hujan Lebat

Sumatera Barat | Topsumbar – Cuaca Sumatera Barat (Sumbar) tiga hari kedepan (hari ini Sabtu, esok Minggu dan Senin lusa, red) berpotensi diguyur hujan lebat.

Hujan lebat yang diperkirakan turun di hampir seluruh daerah sebagaimana dirilis Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Minangkabau, Padang Pariaman juga bisa disertai kilat/petir.

“Tiga hari kedepan sebagian besar daerah di Sumbar berpotensi diguyur hujan lebat bisa disertai kilat/petir,” ungkap keterangan tertulis Kepala Stasiun Metreologi Minangkabau, Sakimin, S.Si, l diterima Topsumbar.co.id, Sabtu, (20/8/2022).

Bacaan Lainnya

Ia menambahkan, suhu udara hari ini berkisar 17-30 derjat celcius, esok 17-31 derjat celcius dan lusa16-31 derjat celcius dengan kelembapan udara 65-98 persen.

Adapun kecepatan angin hari ini bertiup berasal dari Barat Daya -Timur Laut dengan kecepatan 6-25 Km/jam, esok bertiup berasal dari Tenggara – Barat, dengan kecepatan 6-25 Km dan Senin bertiup berasal dari Barat Daya -Timur Laut dengan kecepatan 6-25 Km/jam.

Berikut dirinci Sakimin, Info prakiraan cuaca Sumbar, Sabtu (20/8), Minggu (21/8), dan Senin (22/8).

Sabtu 20 Agustus 2022

– Pagi hari : Berawan

Potensi hujan ringan – sedang di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman Barat, dan Kab. Agam.

– Siang-Sore hari : Berawan – Hujan ringan.

Potensi hujan sedang – lebat di Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Pasaman, Lima Puluh Kota, Payakumbuh, Agam, Bukittinggi, Padang Panjang, Tanah Datar, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Pesisir Selatan, Kab. Solok, Kota Solok, dan Solok Selatan.

– Malam hari : Berawan.

Potensi hujan ringan – sedang di wilayah Kep. Mentawai, Padang, Pesisir Selatan, Kab. Solok, Kota Solok, dan Solok Selatan.

– Dini hari : Berawan.

– Suhu Udara : 17-30◦C
– Kelembaban Udara : 65-98%
– Angin : Dari Barat Daya – Timur Laut, dengan Kec. 6-25 Km/jam.

-Peringatan Dini : Waspada potensi hujan intensitas sedang-lebat dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada siang-sore hari di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Pasaman, Lima Puluh Kota, Payakumbuh, Agam, Bukittinggi, Padang Panjang, Tanah Datar, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Pesisir Selatan, Kab. Solok, Kota Solok, Solok Selatan, dan sekitarnya.

Minggu 21 Agustus 2022

– Pagi hari : Cerah Berawan – Berawan.

– Siang-Sore hari : Berawan – Hujan ringan.

Potensi hujan sedang – lebat di wilayah wilayah Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Pasaman, Lima Puluh Kota, Kab. Agam, Bukittinggi, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Kab. Solok, Kota Solok, Solok Selatan, Sijunjung, dan Dharmasraya.

– Malam hari : Berawan.

Potensi hujan sedang – lebat di wilayah Kep. Mentawai, Sijunjung, dan Dharmasraya.

Potensi hujan ringan di wilayah Kota Solok, Kab. Solok, Solok Selatan, dan Sawahlunto..

– Dini hari : Berawan.

– Suhu Udara : 17-31◦C
– Kelembaban Udara : 65-98%
– Angin : Dari Tenggara – Barat, dengan Kec. 6-25 Km/jam.

-Peringatan Dini : Waspada potensi hujan intensitas sedang-lebat dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada sore hingga malam hari di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Pasaman, Lima Puluh Kota, Kab. Agam, Bukittinggi, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Kab. Solok, Kota Solok, Solok Selatan, Sijunjung, Dharmasraya, dan sekitarnya.

Senin 22 Agustus 2022

– Pagi hari : Cerah – Cerah Berawan.

– Siang-Sore hari : Berawan.

Potensi hujan sedang – lebat di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Pasaman, Lima Puluh Kota, dan Payakumbuh.

Potensi hujan ringan di wilayah Kab. Agam, Bukittinggi, Padang Pariaman, Padang Panjang, Tanah Datar, Kab. Solok, dan Kota Solok.

– Malam hari : Berawan.

Potensi hujan sedang – lebat di wilayah Kab. Solok, Solok Selatan, Sijunjung, dan Dharmasraya.

Potensi hujan ringan di wilayah Kota Solok dan Sawahlunto.

– Dini hari : Berawan.

– Suhu Udara : 16-31◦C
– Kelembaban Udara : 65-98%
– Angin : Dari Barat Daya – Timur Laut, dengan Kec. 6-25 Km/jam.

*-Peringatan Dini ;
Waspada potensi hujan intensitas sedang-lebat dapat disertai petir/kilat pada sore hingga malam hari di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Pasaman, Lima Puluh Kota, Payakumbuh, Kab. Solok, Solok Selatan, Sijunjung, Dharmasraya, dan sekitarnya.*

“Info prakirawan BMKG Minangkabau bisa di update melalui http://www.bmkg.go.id/, ” tutupnya.

(Alfian YN)

Pos terkait