2 Tahun Vakum, Pawai Alegoris Di Kota Payakumbuh Meriahkan Semarak HUT RI Ke 77

Payakumbuh | Top Sumbar – Ribuan siswa sekolah berasal dari SD, SMP, SLTA, dan Madrasah se Kota Payakumbuh perlihatkan kemampuan mereka di dalam arak-arakan panjang bermacam pertunjukan layaknya drumband, pawai budaya, hingga kesenian saat Pawai Alegoris dan Karnaval Sekolah yang berjalan di pusat Kota Payakumbuh, Kamis (18/8).

Ribuan gunakan mata penduduk yang tumpah ruah di sepanjang jalur arak-arakan itu adalah sebagai bentuk kerinduan setelah 2 th. vakum akibat pandemi Covid-19, Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh menjawab kerinduan itu bersama dengan menggandeng Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) Kota Payakumbuh bersama dengan menggelar pawai alegoris di dalam rangka peringatan HUT RI ke 77, bersama dengan peserta kira-kira 150 sekolah.

“Kami udah lama menunggu-nunggu ada pawai anak sekolah layaknya ini, bersama dengan ada pawai HUT RI terasa jadi meriah, lah lamo indak!” begitulah sambutan dan antusias berasal dari penduduk dan termasuk para peserta yang tersedia di lokasi acara.

Bacaan Lainnya

Beberapa kepala sekolah yang ditemui fasilitas sebelum akan pelaksanaan iven ini pun mengakui, saking antusiasnya siswa dan guru untuk tampil terhadap pawai ini, mereka begitu bersemangat untuk mempersiapkan diri berasal dari sejak awal Agustus bersama dengan latihan hampir setiap hari di sekolah.

“Hingga sebelum akan pelaksanaan pawai, di saat subuh pun anak-anak peserta pawai udah berada di tempat jasa rias,” kata Defi Marlitra, Kepala SMPN 1 Payakumbuh.

Tidak cuma itu, terpantau termasuk sejak pagi peserta termasuk udah terasa berdatangan ke lokasi start di Lapangan Pacuan Kubu Gadang. Pawai Alegoris di Kota Payakumbuh berjalan terasa kira-kira pukul 09.00 WIB.

Juga terlihat di tenda kehormatan tersedia Sekretaris Daerah Kota Payakunbuh Rida Ananda bersama dengan unsur Forkopimda dan Kepala Dinas Pendidikan Dasril yang menyambut ribuan siswa sekolah yang berarak-arakan.

“Untuk garis start pawai alegoris ini di Lapangan Pacuan Kubu Gadang lewat jalur A Yani, dan finish depan kantor pos Kota Payakumbuh. Sekolah bebas menampilkan berapa tim dan tema mereka, apakah drumband, pawai alegoris, atau pawai kreatifitas karya siswa,” jelasnya.

“1 sekolah mendapat 1 nomor lot, jadi apa-pun yang mereka tampilkan berada di dalam 1 barisan sekolahnya masing-masing,” malah Dasril.

Dasril termasuk mengapresiasi motivasi kepala sekolah, guru, siswa, dan wali murid yang menolong suksesnya pelaksanaan pawai alegoris di Kota Payakumbuh. (Ton)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait