Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sumatera Barat · 17 Jun 2022 21:14 WIB ·

Wagub Sumbar Turun ke Jalan Kampanyekan Kesadaran Lingkungan


 Wagub Sumbar Turun ke Jalan Kampanyekan Kesadaran Lingkungan Perbesar

Usai memimpin upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) 2022 yang mengusung tema “Satu Bumi untuk Masa Depan”, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy turun langsung ke jalan untuk mengkampanyekan kesadaran lingkungan pada masyarakat, Jumat (17/6/22).

Bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan puluhan Kepala Dinas Pemerintah Provinsi lainnya, Wakil Gubernur membagikan tempat sampah dan tumbler pada warga yang melintas di Jalan Sudirman, Padang. Puluhan pengendara mobil, angkot, bus Trans Padang, sepeda motor, hingga sepeda yang berlalu-lalang mendapat edukasi singkat dari Wagub dan dihadiahi tempat sampah juga tumbler yang disponsori oleh PT. Semen Padang dan Aqua.

“Pagi ini kita bagi-bagi tempat sampah untuk kendaraan dan juga tumbler dalam rangka HLH 2022, supaya mobil-mobil di Sumatera Barat tidak ada yang buang sampah ke luar mobil lagi, terus mengurangi penggunaan botol plastik,” kata Wagub.

Tak hanya itu, peringatan HLH 2022 itu juga menjadi momentum penandatanganan MoU dan PKS yang berkaitan dengan keberlanjutan lingkungan. Diantara perjanjian dan nota kesepahaman yang ditandatangi Pemprov Sumbar, yaitu penataan kawasan flyover BIM bersama Pemkab. Padang Pariaman dan PT. Angkasa Pura; pengembangan kawasan wetland dan penyelamatan Danau Maninjau bersama Pemkab. Agam, PT. Semen Padang dan PT. PLN; pengembangan program kampung iklim, juga bersama PT. Semen Padang dan UNP; serta pengembangan Sekolah Adiwiyata bersama PT. Tirta Investama (Aqua).

Disamping itu, Komitmen kepedulian lingkungan juga ditunjukan dengan kampanye pembagian tumbler yang diikuti penanaman 100 pohon dan pemasangan 500 bio pori dalam kompleks RSUP M. Djamil, sebagai model rumah sakit yang asri dan ramah lingkungan.

“Lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak, kesadaran dan willingness, jadi memang butuh komitmen kita bersama,” tutur Wagub.

Direktur SDM RSUP M. Djamil, dr. Dovy Djanas mengatakan pihaknya merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan Pemprov Sumbar pada kampanye kepedulian lingkungan dalam rangka peringatan HLH 2022. HLH kata Dovy, menjadi simbol dalam mendorong dan mengadvokasi perubahan lingkungan secara global.

“HLH membuka mata bahwa menjaga lingkungan merupakan kewajiban, dan
menjadi momentum meningkatkan kepedulian meningkatkan kondisi alam. Karena lingkungan yang rusak nantinya juga akan menimbulkan masalah bagi kesehatan,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Siti Aisyah juga menyampaikan apresiasi nya atas kontribusi perusahaan-perusahaan berbagai pihak yang telah menunjukan kepeduliannya pada lingkungan. Ia berharap sumbangsih dalam peningkatan kesadaran terhadap lingkungan dapat terus ditingkatkan.

Kolaborasi antara berbagai pihak merupakan pijakan yang sangat penting dalam mewujudkan kelestarian lingkungan. Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2022 ini diharapkan betul-betul menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk terus memperbaiki alam, serta berperilaku adil terhadap lingkungan.

(Ha/red)

Hits: 0

Artikel ini telah dibaca 25 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kanwil Kemenkumham Sumbar Jaring Aspirasi Masyarakat Melalui Dialog RUU KUHP

28 September 2022 - 10:35 WIB

Semarakan Hari Jadi Sumatera Barat ke 77

27 September 2022 - 14:10 WIB

Cuaca Sumbar 25-27 September, Ini Prakiraan BMKG Stasiun Minangkabau

25 September 2022 - 14:12 WIB

HUT Lantas Ke-67, Kapolda Sumbar: Jajaran Lalu Lintas adalah Miniatur Tugas Pokok Polri

23 September 2022 - 08:35 WIB

Pembagian BLT Ricuh, Lisda Hendrajoni: Pemerintah Harus Carikan Solusi, Jangan jadikan tontonan

22 September 2022 - 15:11 WIB

Polda Sumbar Salurkan 5000 Paket Bansos Kepada Komunitas Ojek, Angkot dan Betor

21 September 2022 - 12:42 WIB

Trending di Sumatera Barat