Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Padang Panjang · 17 Jun 2022 20:51 WIB ·

TBM Pojok Baca Saiyo Antarkan Zikril Husna Jadi Pemuda Pelopor Tingkat Sumbar


 TBM Pojok Baca Saiyo Antarkan Zikril Husna Jadi Pemuda Pelopor Tingkat Sumbar Perbesar

Padang Panjang | Topsumbar – Taman Baca Masyarakat (TBM) Pojok Baca Saiyo (PBS) di Kelurahan Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur mengukir prestasi mengesankan di tingkat Sunatera Barat (Sumbar).

Prestasi mengesankan dimaksud adalah terpilihnya pendiri PBS, Zikril Husna menjadi salah satu pemenang dalam ajang Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 dalam bidang pendidikan.

Atas raihan prestasi tersebut, Zikril Husna akan jadi salah satu wakil Sumbar untuk ajang yang sama di tingkat nasional

Melansir laman Diskominfo Padang Panjang, Jumat (17/6), disebutkan TBM PBS didirikan Zikril Husna bersama yang lainnya tahun 2018 silam.

Pojok baca ini menjadi wadah untuk anak-anak setempat untuk bisa mengenali diri, mengembangkan potensi mereka dan mengasah minat dan bakat sedari dini. Tujuannya agar anak-anak memiliki keterampilan hidup atau life skill yang bagus, sebagai bekal untuk bertahan dan beradaptasi di dalam kehidupan.

Upaya tersebut dicapai melalui beberapa program. Di antaranya, program keagamaan, kesenian dan budaya, sosial, literasi, ekonomi kreatif, dan program belajar.

Bagi pemuda, kehadiran Pojok Baca Saiyo ini menjadi ruang pergerakan untuk berkontribusi positif bagi lingkungan. Pemuda bisa terlibat sebagai relawan pengajar, atau penggerak kegiatan positif untuk anak-anak sekitar.

Bagi masyarakat, melalui program ekonomi kreatif, kegiatan pelatihan keterampilan diharapkan bisa membantu meningkatkan perekonomian rumah tangga, melalui kelompok UMKM Saiyo.

Berprinsip “Being impactful to others” (menjadi berdampak bagi orang lain-red). Zikri Husna ingin menjadikan PBM TBS sebagai ruang kebaikan dan kebermanfaatan yang bisa dirasakan dampaknya oleh masyarakat sekitar. Ruang kebaikan tersebut juga menjadi sumber kebahagiaan bagi para penggeraknya.

Dirinya, ingin Pojok Baca Saiyo seperti air mengalir, yang terus memberikan manfaat sepanjang alirannya. Meski tetes demi tetes. Setiap perubahan kecil yang konsisten dilakukan, akan mengantarkan pada perubahan yang lebih besar.

Ia juga berharap, agar setiap proses Pojok Baca Saiyo, selalu memberikan pelajaran untuk manajemen pojok baca yang lebih baik lagi ke depannya.

(AL)

Hits: 6

Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Wako Fadly Lantik Kabid Sapras Disporapar Padang Panjang, Syahrinal E Gantikan Agung SP

23 September 2022 - 17:22 WIB

SMP Hikmah Melaju Ke Babak Final Lomba Cerdas Qur’an Padang TV

22 September 2022 - 10:09 WIB

Tertibkan Personil, Si Propam Polres Padang Panjang Gelar Gaktibplin

21 September 2022 - 20:00 WIB

Jalin Sinergitas, Rupajang MoU Dengan Polres Padang Panjang

21 September 2022 - 13:36 WIB

Pansel Pastikan Proses Seleksi KI Berjalan Sesuai Aturan

19 September 2022 - 13:38 WIB

Gempa Tektonik M3, 5 Dirasakan di Bukittinggi

18 September 2022 - 17:03 WIB

Trending di Padang Panjang