Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sumatera Barat · 1 Jun 2022 11:26 WIB ·

Buka Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Lanjutan, Gubernur Sumbar: Akurasi Data Penting Sebagai Penentu Kebijakan


 Buka Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Lanjutan, Gubernur Sumbar: Akurasi Data Penting Sebagai Penentu Kebijakan Perbesar

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat (Sumbar) akan melakukan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan, yang dimulai Mei hingga Juni mendatang. Sensus ini merupakan pencatatan secara lebih rinci tahap kedua yang menyasar 109 ribu rumah tangga di Sumbar yang menjadi sampel.

Sebagai tahapan awal Sensus Penduduk (SP) 2020 Lanjutan ini, Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar menggelar sosialisasi dengan tema “Koordinasi dan Kolaborasi untuk Menghasilkan Parameter Demografi Sumbar yang Akurat” yang dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, di Hotel Santika Premiere Padang, Selasa (31/5/2022).

Dalam sambutannya gubernur menyampaikan arti penting suatu data yang akurat dan terbaru, sebagai urat nadi dalam merespon berbagai persoalan sekaligus memberikan pelayanan berkualitas kepada masyarakat.

“Semakin cepat data terbarukan yang kita terima dari BPS, maka semakin banyak pula yang bisa kita akomodir dalam kebijakan pemerintah pada tahun berikutnya. Sehingga semakin maksimal respon pada harapan dan pelayanan pada masyarakat,” ungkap gubernur.

Oleh sebab itu, gubernur mengintruksikan seluruh jajaran OPD Provinsi Sumbar turut mendukung dan berkontribusi demi tercapainya Sensus penduduk di Sumbar, dengan memberikan input dan informasi yang lebih kompleks kepada BPS, sehingga data yang dihasilkan menjadi lebih akurat dan tepat.

Secara khusus gubernur mengintruksikan kepada Dinas Kominfotik dan Bappeda.Sumbar agar berkoordinasi dengan BPS, khususnya terkait data disektor apa saja yang terjadi perlambatan akibat pandemi Covid-19 berikut dengan langkah solusi yang bisa dilakukan.

“Akhir tahun itu saya minta semua data sudah clear dan update dan koordinasikan dengan BPS sehingga awal tahun itu datanya sudah baru,” sambung gubernur.

Sementara itu, dalam laporannya, Kabag Umum BPS Sumbar, Januarto Wibowo, menjelaskan bahwa sensus bertujuan untuk memperkuat koordinasi dan kolaborasi guna sukseskan SP2020 Lanjutan yang merupakan kegiatan prioritas nasional untuk menghasilkan indikator demografi yang akurat.

Turut hadir dalam sosialisasi ini, jajaran Forkopimda Sumbar, Kakanwil Kumham Sumbar, kepala OPD Provinsi Sumbar, pimpinan perguruan tinggi dan lembaga serta instansi vertikal.

(Ha/red)

Hits: 1

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Cuaca Sumbar 25-27 September, Ini Prakiraan BMKG Stasiun Minangkabau

25 September 2022 - 14:12 WIB

HUT Lantas Ke-67, Kapolda Sumbar: Jajaran Lalu Lintas adalah Miniatur Tugas Pokok Polri

23 September 2022 - 08:35 WIB

Pembagian BLT Ricuh, Lisda Hendrajoni: Pemerintah Harus Carikan Solusi, Jangan jadikan tontonan

22 September 2022 - 15:11 WIB

Polda Sumbar Salurkan 5000 Paket Bansos Kepada Komunitas Ojek, Angkot dan Betor

21 September 2022 - 12:42 WIB

Gubernur Mahyeldi Sampaikan Amanah Menhub Soal Keselamatan Transportasi

19 September 2022 - 10:57 WIB

Gubernur Sumbar Jalan Kaki Tembus Hutan Sepanjang 11 KM, Tinjau Jalan Alternatif Malalak – Maninjau

18 September 2022 - 19:32 WIB

Trending di Sumatera Barat