Bupati Sijunjung Hadiri Halal Bilhalal IKBK se-Nusantara

Sijunjung | Topsumbar – Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si hadiri Halal Bilhalal IKBK (Ikatan Keluarga Besar Kampung Baru) se-Nusantara pada Rabu (4/5) bertepatan dengan momen hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah di Mesjid Al Hidayah, Desa Kampung Baru, Kecamatan Kupitan.

Halal Bilhalal IKBK ini merupakan rangkaian kegiatan “Pulang Basamo IKBK” yang meliputi pawai takbiran, shalat Ied, penampilan kesenian randai dan rabab, olahraga, halal bilhalal, kemudian Mubes (Musyawarah Besar) IKBK, demikian dilaporkan Gusrial, S.Pd.I selaku panitia pelaksana.

Pulang Basamo IKBK dan Halal Bilhalal ini merupakan yang ke-34 kali dilaksanakan IKBK, tahun ini dihadiri oleh 686 orang perantau dari Sulsel, Sulbar, Kalsel, Kaltim, Kalteng, Jabodetabek, Jabar, Sumsel, Jambi, Bengkulu, Riau, Sumut, Kepri, serta kabupaten/kota lainnya se-Sumbar dengan menggunakan 146 unit mobil, demikian disampaikan Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd, MM.

Bacaan Lainnya

“Desa Kampung Baru terkenal akan perantaunya menggeluti usaha variasi kendaraan yang jumlahnya mencapai 800 orang” demikian disampaikan Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd, MM kepada www.topsumbar.co.id pada tanggal 1 Juli 2021 lalu bertepatan dengan peringatan Hari Bhayangkara saat penyerahan Piagam Kampung Tangguh Nusantara oleh Kapolres Sijunjung dimana Desa Kampung Baru berhasil dalam mewujudkan tangguh kesehatan, tangguh keamanan, tangguh ketahanan pangan, tangguh pendidikan serta tangguh keagamaan menghadapi pandemi covid-19.

Ketua IKBK Syafrial, S.Ag dalam sambutannya mengharapkan IKBK menyatukan tekat untuk membangun Desa Kampung Baru semakin maju dan berkembang dan membarikan support serta berkontribusi untuk pembangunan Kabupaten Sijunjung.

“Selamat melaksanakan halal bilhalal kepada seluruh masyarakat perantau yang tergabung dalam IKBK, semoga IKBK tetap menjadi contoh dan teladan dalam merajut silaturrahmi antar sesama serta menjalin hubungan yang erat antara rantau dan kampung halaman” demikian Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si menyampaikan dalam sambutannya.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si yang merupakan pemimpin millenial sekaligus Wakil Sekjen DPP APKASI ini lebih lanjut dalam sambutannya menyampaikan beberapa Progul (Program Unggulan) daerah diantaranya transformasi STIPER menjadi Kampus UNP (Universitas Negeri Padang) Fakultas Agrobisnis di Muaro Sijunjung yang dibimbing langsung oleh IPB University dan pembangunan RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) di Kecamatan Kamang Baru.

“Kerjasama dan kolaborasi serta dukungan masyarakat, baik yang di rantau ataupun yang di kampung halaman sangat dibutuhkan agar setiap progres pembangunan bisa berlangsung dengan baik” demikian Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si menambahkan.

Halal Bilhalal IKBK se-Nusantara ini juga mendatangkan Buya Legendaris dari Kabupaten Dharmasraya sekaligus mantan Calon Wakil Bupati Sawahlunto/Sijunjung periode 2005-2010 yakni H. Erman Anthony, BA yang juga merupakan putra kelahiran Nagari Tanjung, Kecamatan Koto VII dan tercatat sebagai alumni PGA Padang Sibusuk untuk menyampaikan ceramah agama.

Halal Bilhalal IKBK se-Nusantara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt, Wakil Ketua DPRD Syofyan Hendri, S.Pd.I bersama Anggota DPRD Yunidarti, SH, MM, Unsur Forkopimda, Ketua TP-PKK Ny. Riri Benny Dwifa, Ketua GOW Ny. Dona Iraddatillah, Ketua LKAAM Epi Radisman, SH Dt. Paduko Alam, Asisten I Aprizal, S.Sos, M.Si, Kadisdukcapil Febrizal Anshori, SH, MM, Plt. Kadiskominfo David Rinaldo, SSTP, Plt. Kadis Pol.PP dan Damkar Suhril, SH, Kepala Bagian Kesra Admiriska, B.Ac, Kabid Pemberdayaan Masyarakat pada DPMN Magdalena, STP, Kabid PSP pada Disperta Hendri S, SP, Kabid Irigasi pada Dinas PUPR Ramadhan Fitri, S.Hut, M.Si, Camat Kupitan Asrijal, SH, Kapolsek IV Nagari, Dan Ramil 04/Palangki, serta Niniak Mamak, Alim Ulama, dan Bundo Kanduang Desa Kampung Baru.

Sesuai agenda Pulang Basamo IKBK, pada hari ini Kamis (5/5) akan dilaksanakan Mubes (Musyawarah Besar) IKBK guna melakukan pemilihan pengurus IKBK periode 2022-2027.

(Gun)

Pos terkait