Nilai SAKIP & RB Padang Panjang Tahun 2021 Alami Kenaikan

Padang Panjang, Topsumbar – Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Reformasi Birokrasi (SAKIP & RB) Kota Padang Panjang pada Tahun 2021 mengalami kenaikan.

Dilansir dari laman Diskominfo Padang Panjang, disebutkan hal denikian terungkap saat penyelenggaraan SAKIP & RB Award 2021 yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) melalui Zoom Meeting, Selasa (5/4/2022). Dari Padang Panjang hadir Wakil Wali Kota, Drs. Asrul secara virtual di Ruangan VIP Lantai II Balai Kota.

Kota Padang Panjang berada pada peringkat B untuk SAKIP dan peringkat CC RB, yang mana peringkat tersebut sama dengan tahun 2020 lalu, namun memiliki nilai yang lebih tinggi.

Bacaan Lainnya

SAKIP & RB Award 2021 merupakan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah tahun 2021, dengan mengusung semangat “Synergy Together, Change for Better”.

“Reformasi birokrasi merupakan kunci utama dalam menjalankan tata kelola pemerintahan yang baik. Guna mengukur perkembangan akuntabilitas kinerja dan reformasi birokrasi serta sebagai pembinaan berkesinambungan, maka Kemenpan RB melaksanakan evaluasi setiap tahunnya,” sebut Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Erwan Agus Purwanto.

Dikatakannya, rata-rata nilai SAKIP & RB tahun 2021 mengalami peningkatan. Untuk SAKIP terdapat 20 instansi yang mengalami kenaikan peringkat dan untuk RB terdapat 50 pemerintah kabupaten/kota baru yang menyampaikan PMPRB, serta 15 instansi pemerintah dengan kenaikan peringkat.

“Kami di Deputi akan berupaya secara maksimal memberikan bimbingan intensif bagi pemerintah daerah yang memiliki komitmen dan kemauan yang kuat serta konsisten dalam melakukan perbaikan,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Kemenpan RB, Rini Widiantini menyebutkan, evaluasi SAKIP & RB di seluruh instansi pemerintah ini, dilaksanakan dalam rangka membina dan meningkatkan kualitas pelaksanakan reformasi birokrasi dan akuntabilitas. Seluruh instansi pemerintah dituntut untuk dapat mempertanggungjawabkan kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil.

“Apresiasi yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada pemerintah provinsi, kabupaten/kota yang telah konsisten melakukan perbaikan SAKIP & RB dengan predikat AA, A, BB dan B. Kepada pemerintah yang mendapatkan peringkat C dan CC diharapkan para kepala dan sekretaris daerah untuk meningkatkan komitmen dan focus pada kinerja yang memberikan manfaat dan dampak siginifikan kepada masyarakat,” tuturnya.

Ikut hadir pada acara ini Sekretaris Daerah Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Nofi Yanti, S.STP, M.M, Asisten I, Syahdanur, S.H, Asisten II, Iriansyah Tanjung, S.E, M.Si Asisten III, Martoni, S.Sos, M.Si, Kabag Organisasi, Yohana Lisa, S.TP, M.Si serta kepala OPD.

(AL)

Pos terkait