Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari Pantau Ketersediaan Telur

Sijunjung | Top Sumbar – Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari, Adpi Gunawan, pantau ketersediaan telur tingkat produsen di Koto Baru, Sijunjung pada Senin (4/4).

Tim BPP Kecamatan IV Nagari terdiri dari Koordinator, PP. Supervisi dan PP. Programa langsung meninjau produksi ayam petelur yang terletak di Nagari Koto Baru, Kecamatan IV Nagari didampingi oleh pemilik kandang, Er.

Jumlah ayam petelur saat ini adalah 8.000 ekor dengan produksi per hari sebanyak 16 tonggak (4.800 butir), ujar Er.

Bacaan Lainnya

Mengahadapi hari besar keagamaan bulan Ramadhan serta Hari Raya Idul Fitri ditandai dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terutama kebutuhan pangan termasuk telur ayam.

Dengan mengunjungi langsung produsen telur ayam kita dapat mengetahui kapasitas produksi serta prediksi ketersediaan beberapa waktu kedepan.

Berdasarkan data BPP Kecamatan IV Nagari selaku Sekretariat Kostratani (Komando Strategis Pembangunan Pertanian) Kecamatan IV Nagari terdapat sebanyak 20 orang pemilik kandang ayam petelur di Kecamatan IV Nagari dengan kemampuan produksi rata-rata diperkirakan sebanyak 2 juta butir telur per bulannya.

Jumlah penduduk Kecamatan IV Nagari saat ini berdasarkan data BPS yaitu 15.580 jiwa, dengan kebutuhan konsumsi telur per kapita per bulan sebesar 30 butir saja maka kebutuhan konsumsi telurnya adalah sebesar 500.000 butir.

Dengan kebutuhan konsumsi telur sebesar 500.000 butir per bulan, sementara produksi telur mencapai 2 juta butir per bulan maka produksi telur di Kecamatan IV Nagari adalah surplus. Disamping bisa memenuhi kebutuhan sendiri, produksi telur di Kecamatan IV Nagari telah mampu memenuhi kebutuhan kecamatan lainnya di Kabupaten Sijunjung terutama pada masa bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriyah.

(Gun)

Pos terkait