Di Koto Tuo, Keltan Tambang Ambacang Dinilai BPP

Sijunjung | Topsumbar – Keltan Tambang Ambacang, Nagari Koto Tuo dinilai oleh tim dari BPP Kecamatan IV Nagari sebagai Keltan (Kelompoktani) berprestasi tahun 2022 pada Kamis (14/4) bertempat di Lantai 2 kantor wali nagari setempat.

Dalam penilaian Keltan berprestasi tingkat kecamatan tahun 2022 ini tim penilai dari BPP Kecamatan IV Nagari terdiri dari Koordinator BPP Adpi Gunawan, SST, PP. Supervisi Israil, serta PPL Sardi dan Riri Wahyu Illawati, SP, MP.

Pelaksanaan penilaian Keltan berprestasi tingkat kecamatan tahun 2022 ini adalah sebagai bentuk apresiasi terhadap Keltan yang telah berkontribusi terhadap pembangunan khususnya mewujudkan ketahanan pangan, demikian disampaikan Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari mengawali sambutannya.

Bacaan Lainnya

Dalam eksposnya Ketua Keltan Tambang Ambacang Mustakim menyampaikan sejarah berdirinya Keltan Tambang Ambacang yang dimulai pada 2011 lalu dengan ketuanya adalah Atmaruddin beranggotakan 37 orang.

Pada 2021 lalu Keltan Tambang Ambacang melakukan pemekaran dan dikukuhkan melalui SK oleh Wali Nagari Koto Tuo Benny Putra dengan keanggotaan sebanyak 20 orang anggota aktif, sementara 17 orang lagi dimekarkan menjadi Keltan Ranah Lado demikian Ketua Keltan Tambang Ambacang Mustakim menjelaskan.

Sesuai dengan AD/ART Keltan Tambang Ambacang, melalui bimbingan PPL mengadakan pertemuan rutin minimal satu kali setiap bulannya dan sudah mempunyai Simpok (Simpanan Pokok) serta Simwa (Simpanan Wajib).

Unit produksi yang dikembangkan di Keltan Tambang Ambacang yaitu komoditas padi sawah, jagung, cabai merah, serta tanaman palawija. Dengan adanya bantuan traktor roda dua dan bantuan pompa air dari pemerintah sangat dirasakan manfaatnya oleh Keltan Tambang Ambacang dalam berusahatani hingga sekarang.

Tim penilai BPP Kecamatan IV Nagari juga melihat kesungguhan Keltan dalam mengelola kegiatan berupa administrasi buku tamu, agenda surat, buku kas, profil anggota, dan buku aset.

Keltan Tambang Ambacang yang diwakili oleh Ketua Mustakim didampingi Bendahara Egi Sulastri juga mendapat support dari Sekretaris Nagari Koto Tuo dalam penilaian.

Secara marathon penilaian Keltan dan petani berprestasi tingkat kecamatan tahun 2022 ini akan dilakukan di seluruh nagari yang ada di Kecamatan IV Nagari guna mendapatkan seorang petani dan satu Keltan yang nantinya bisa menjadi motivasi bagi petani-petani lainnya supaya lebih giat dalam berusaha.

(Gun)

Pos terkait