Alfian, Jurnalis Topsumbar Pimpin FJKIP Padang Panjang

Padang Panjang, Topsumbar – Kepengurusan Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Kota Padang Panjang resmi dikukuhkan, Kamis, 31 Maret 2022 di Auditorium Mifan Water Park Padang Panjang.

Pengukuhan wadah jurnalis dari lintas organisasi pers dan tterfokus memasifkan keterbukaan informasi publik itu dilantik oleh Ketua FJKIP Sumatera Barat, Gusriyono.

Gusriyono mengatakan pengurus FJKIP Kota Padang Panjang yang dilantik disahkan berdasarkan surat keputusan pengurus jurnalis keterbukaan informasi publik Sumatera Barat, nomor:03/JKIP SB/B/I/2022 tentang pengesahan komposisi personalia pengurus jurnalis keterbukaan informasi publik Kota Padang Panjang masa bakti 2022-2025.

Bacaan Lainnya

“Namun kepengurusan ini akan dikaji ulang dan bahkan bisa dilakukan pergantian bila ternyata dikemudian hari melakukan pelanggaran AD/ART atau melanggar hukum,” ujarnya saat membacakan naskah pelantikan pengurus FJKIP Kota Padang Panjang.

Selanjutnya, Gusriyono mengatakan, dari FJKIP yang sudah terbentuk di Sumbar, Padang Panjang merupakan daerah ketiga yang melakukannya, dengan kepengurusan terbanyak dan terbesar di Sumbar.

“FJKIP Padang Panjang ini merupakan pengurusan yang terbesar dan terbanyak yang ada di Sumbar. Kita berharap dengan hadirnya FJKIP ini, predikat Kota Informatif yang disandang Padang Panjang, bisa semakin meningkat lagi,” ujarnya.

Gusriyono juga mentebutkan, FJKIP merupakan wadah tempat berkumpulnya para jurnalis yang fokus terhadap keterbukaan informasi publik.

“Dengan itu diharapkan dukungan dari Pemko untuk bisa saling bekerja sama dan berkolaborasi dalam meningkatkan keterbukaan informasi publik,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Sumbar, Nofal Wiska, S.IP mengucapkan selamat atas pengukuhan FJKIP Padang Panjang. Ia berharap ini bisa memberikan kontribusi positif bagi perkembangan keterbukaan informasi publik di Kota Padang Panjang.

“Ini merupakan tugas berat dan tanggung jawab bagi FJKIP. Bagaimana menyukseskan program-program dan menyadarkan para birokrat, serta masyarakat di Kota Padang Panjang dalam hal keterbukaan informasi,” tuturnya.

Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano yang turut menyaksikan pelantikan ini, mengucapkan selamat kepada pengurus FJKIP Kota Padang Panjang yang telah dikukuhkan. Ia berharap dengan adanya FJKIP ini, keterbukaan informasi yang transparan di Padang Panjang lebih baik lagi.

“Transparansi menjadi salah satu obat mutakhir dari permasalahan bangsa dan negara ini. Jika informasi tersebut tidak terbuka, akan banyak terjadi kegaduhan, pola kerja akan hancur. Kepada FJKIP, tetaplah eksis dalam menjaga keterbukaan publik,” ujar Wako Fadly.

Kepengurusan FJKIP diketuai Alfian Yn, Wakil Ketua Ellefwirnofri, Sekretaris Rifnaldi, Bendahara Syafri Yanto. Dengan delapan bidang, di antaranya, Bidang Pendidikan, Sosialisasi, Advokasi, Litbang, Pemberdayaan Perempuan, Keagamaan, Sumbar Daya Manusia dan Kelembagaan.

Alfian YN dalam sambutannya selaku ketua FJKIP Kota Padang Panjang mengharapkan dukungan dari seluruh elemen, baik eksekutif, legislative, yudikatif, serta komponen masyarakat akan eksistensi FJKIP didalam memasifkan keterbukaan informasi publik, khususnya di Kota Padang Panjang.

“Kita tidak ingin terhenti saat acara pengukuhan ini saja, melainkan setelah ini kita bisa eksis melakukan aneka program kegiatan didalam memasifkan keterbukaan informasi publik, khususnya di Kota Padang Panjang,” pungkas Alfian YN yang sehatri-hari adalah wartawan media online Topsumbar.

(AL)

Pos terkait