Obesitas Picu Masalah Kesehatan, Ini Kata dr. Sri Angraeni, Sp.PD

Padang Panjang | Topsumbar – Hari Obesitas Sedunia yang diperingati hari ini, Jumat (4/3/202), dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya dari kondisi obesitas pada masyarakat. Obesitas merupakan masalah kesehatan yang menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit.

Spesialis penyakit dalam pada RSUD Kota Padang Panjang, dr. Sri Angraeni, Sp.PD mengatakan, obesitas yang masuk dalam kategori penyakit tidak menular ini, tidak bisa dipandang remeh. Karena merupakan pencetus dari berbagai penyakit di kemudian hari.

Dikatakannya, untuk menentukan apakah seseorang mengalami obesitas, ada berbagai cara yang dipakai. Salah satunya adalah rumus indeks massa tubuh.

Bacaan Lainnya

“Bila didapatkan angka > 25 maka seseorang mengalami obesitas. Indeks massa tubuh sama dengan berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam meter kuadrat,” jelasnya dilansir dari laman Kominfo Padang Panjang.

Dijelaskan Dokter Sri, sebelum tahun 1990 obesitas jarang ditemui. Tetapi sesudahnya, obesitas makin meningkat. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah karena saat ini orang sibuk dengan HP, sehingga aktivitas fisik, gerak dan olahraga menjadi berkurang. Selain itu juga dipengaruhi oleh makin banyaknya makanan cepat saji, makanan berlemak dan mengandung gula yang tinggi.

“Obesitas berdampak terhadap kondisi kesehatan seseorang. Dampak dari obesitas ini adalah makin meningkatnya penyakit degeneratif yang muncul, seperti diabetes melitus (sakit gula), stroke, hipertensi dan serangan jantung. Selain itu obesitas juga meningkatkan risiko munculnya batu empedu, radang sendi dan juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mental seseorang,” terangnya.

Menurut dokter internis yang juga membuka praktek di Apotek El Khaira Hotel Bungalow Guguak Malintang ini, obesitas harus dicegah dari sekarang. Agar kita bisa menyelamatkan generasi ini dari berbagai penyakit di masa yang akan datang.

Dikatakannya, beberapa tips untuk mencegah obesitas di antaranya rutin berolahraga. “Untuk menjaga berat badan ideal seseorang harus berolahraga secara rutin. Saat ini banyak sekali pilihan olahraga yang dapat dilakukan, baik yang bisa dilakukan di dalam rumah atau di luar rumah,” ungkapnya.

Selain itu, katanya lagi, dengan istirahat yang cukup. Tidur yang cukup (7-9 jam perhari) dan berkualitas akan membantu menghilangkan kalori tubuh. Mengatur asupan makanan dan minuman. Penting untuk memilih makanan dan minuman yang alami serta memperbanyak buah dan sayur. Serta menjaga kesehatan mental.

“Di tengah kondisi pandemi ini, sangat penting untuk menjaga kondisi mental tetap stabil, terhindar dari stres dan depresi. Sebagian orang yang mengalami stress, menjadikan makan sebagai salah satu cara untuk mengurangi stresnya. Sehingga memicu terjadinya obesitas. Dan, jangan merokok dan mengonsumsi alcohol,” imbaunya.

(AL)

Pos terkait