Nahkodai Flipper’s Organization, Ini Program Duet Ghazali-Abrar

Padang Panjang | Topsumbar – Flipper’s organization sebuah organisasi generasi muda di Kota Padang Panjang berganti estafet kepengurusan dari pengurus lama ke pengurus baru.

Kepengurusan flipper’s organization yang sebelumnya dijabat Nasrul Naga sebagai ketua umum, kini dinahkodai Ghazali Chandra. Ghazali bakal bahu membahu dengan Abrar Sikumbang selaku sekretaris jenderal flipper’s organization terpilih.

Ghazali Chandra ditemui Topsumbar.co.id usai acara pisah sambut dari ketua umum pengurus lama, Nasrul Naga yang diadakan di puncak Anai, Maliboo Anai, Minggu, (20/3/2022) kenaren, mengatakan akan tetap melanjutkan program kerja pengurus sebelumnya dan menambah sejumlah program baru.

Bacaan Lainnya

“Kami akan tetap lanjutkan program kerja pengurus flipper’s organization sebelumnya.
Pertama terlebih dahulu kami akan konsolidasi ke dalam dengan menggelar rapat internal yang InsyaAllah dalam waktu dekat bisa terlaksana,” ujarnya.

Ghazali Chandra menyebutkan kepengurusan flipper’s organization yang kini ia ketuai tetap akan fokus ke ranah (kampung halaman Padang Panjang, red), sama seperti kepengurusan sebelumnya.

“Tentunya kami seperti yang lalu-lalu akan fokus ke ranah (kampung halaman Padang Panjang, Red) untuk bagaimana memutar perekonomian masyarakat, mengadakan jalan sehat flippers, dan dalam waktu dekat mengadakan Bazaar flippers organization,” sebutnya.

“Di bazar itu nantinya kita bisa mempertemukan penjual dan pembeli. Disamping juga di ajang itu kita bisa membuat pagelaran hiburan,” sambungnya.

Lebih jauh, Ghazali Chandra menuturkan flipper’s organization bisa bergerak dan mempunyai kegiatan ini itu, dalam konteks menyatukan perantau Padang Panjang khususnya yang diluar Padang Panjang.

“Nah, perantau kita itu kangen untuk berkumpul. Disamping untuk silaturrahmi. Kita juga ingin menggerakkan perekonomian masyarakat Padang Panjang dan itu adalah program utama kami. Karena kita lihat juga di Padang Panjang sendiri tentunya pergerakan ekonomi itu, ya kita sama membantu itulah. Bermitra dengan pemerintah daerah untuk memajukan perekononian tersebut,” ujarnya.

Ghazali Chandra juga mempertegas untuk kegiatan sosial tetap akan dijalankan. Antara lain flipper’s berqurban, memberi santunan anak yatim di bulan puasa ramadhan dan pembagian pabukoan.

“Kami akan tetap juga untuk melakukan hal-hal seperti kemaren. Ada peduli bencana alam, pembagian masker di Padang Panjang dan hal-hal itu hal positif yang kami harapkan. Karena kami dipercaya di kepengurusan oleh senior-senior dan para simpatisan kami. Kita berharap berkiprah ke Padang Panjang pada khususnya,” tegasnya sembari menyebutkan tujuan utamanya adalah bagaimana memberdayakan ekonomi masyarakat Padang Panjang.

Ghazali Chandra setelah tamat SMA melanjutkan kulyah di luar Padang Panjang dan sekarang bekerja di direktorat jenderal pajak di Jakarta.

“Saya ingin berkontribusi di Padang Panjang lewat flipper’s organization ini,” ujarnya.

Menjawab pertanyaan mengapa ketua umum flipper’s organization selalu yang berada di rantau. Ghazali mengatakan flipper’s organization setiap kali mengadakan kegiatan tidak terlepas dari pendanaan.

“Kegiatannya memang di ranah, tapi pendanaannya lebih banyak di rantau. Jadi kita disitu sering berkumpul, melakukan silaturrahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat Padang Panjang dan komunitas-komunitas serta yang membikin flippers organization ini terus bergerak adalah support dari mereka-mereka itu,” kata Ghazali.

Adapun bentuk koordinasi antara flipper’s di rantau dengan flipper’s di ranah, imbuh Ghazali, flipper’s yang di Padang Panjang atau di ranah lebih banyak berkontribusi sebagai pelaksana, di Padang Panjang mereka lebih tahu kondisi -kondisi mana yang istilahnya harus digarap.

Sedangkan flippers yang di rantau lebih banyak mengarahkan atau untuk dunia sekarang ya mengkoordinasikan jarak jauh dari pusat.

“Nah, pada kepengurusan yang sekarang kita bentuk koordinator ranah yang bertugas untuk konsolidasi kegiatan dan kaderisasi di Padang Panjang dan nanti akan diberikan masukan tentang program kerja kami,” tutupnya.

Senada, Sekjend Flipper’s Organization, Abrar Sikumbang menyebutkan pasca dikukuhkannya kepengurusan baru, selain terap melanjutkan program rutin yang telah dijalankan pengurus sebelumnya. Pengurus baru juga akan meluncurkan sejumlah program baru.

“Kami pengurus baru akan meluncurkan program baru, antara lain pemberian santunan bagi member’s of flipper’s khusus bagi anak yatimnya,” ujar Abrar.

Selanjutnya, tutur Abrar, kami akan merekrut kader-kader baru flipper’s untuk lebih terarah ke arah positif dari SMA dan kalangan kampus akan kami rekrut dan kami berikan formulir. Kami akan menerima anggota baru dengan senang hati.

Kemudian kami akan membuat program baru yaitu membuat kartu flipper’s yang multy guna yang bisa digunakan secara elektronik.

Adapun program terdekat adalah menyantuni anak yatim dan duafa dan ini momentum jelang puasa ramadhan

Saat ini anggota members of flippers lebih kurang 150 orang dari generasi pertama hingga sekarang.

“Sedangkan tentang kegiatan Jalan Sehat Flippers (JSF) pasca terhenti sejak 2019 karena pandemi. InsyaAllah tahun 2022 ini bisa kita gelar kembali, mungkin setelah lebaran dan tentulah juga melihat perkembangan pandemi ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Rifnaldi Noveri selaku master ceremony (MC) acara hiburan musik dan permainan KIM pada acara silaturrahmi Flippers Organization yang kali ini bertajuk
‘Re-generasi tak pernah berhenti’, mengatakan pada acara silaturrahmi ini digelar dua acara utama.

Pertama acara pisah sambut dari ketua umum flipper’s organization yang lama, Nasrul Naga kepada ketua umum yang baru, Ghazali Chandra.

Kedua, acara hiburan berupa musik dan permainan KIM.

“Untuk acara hiburan musik dan permainan KIM ini saya ditunjuk oleh panitia sebagai MC. Sedangkan pada pelaksanaan JSF 5 dan 6, saya ditunjuk oleh senior junior flipper’s sebagai ketua panitia pelaksana,” ujar Rifnaldi Noveri yang akrab disapa Tan El itu.

Ditambahkannya, untuk kegiatan qurban flipper’s yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya guna berbagi dengan masyarakat Padang Panjang ditunjuk ketua panitia yang berganti setiap tahunnya. Sesuai dengan apa yang diinginkan warga Padang Panjang yang ada di ranah.

“Jadi kalau yang di rantau setelah program disusun oleh yang di ranah. Rantau akan mensupport program kegiatan itu sepenuhnya,” tutupnya.

Pantauan langsung Topsumbar.co.id di arena acara silaturrahmi flipper’s organization minggu kemaren terlihat lokasi acara dipenuhi oleh pengurus dan keluarga besar flipper’s.

Walikota dan Wakil Walikota, H. Fadly Amran BBA Dt. Paduko Malano dan Drs. Asrul turut hadir.

Puncaknya acara hiburan musik dan permainan KIM yang menyediakan sedikitnya 77 macam jenis hadiah berlangsung semarak.

(Alfian YN)

Pos terkait