Menang di Kancah Provinsi, Annisa Firstiyohana Siap Bawa Nama Sumbar ke Tingkat Nasional

Sumatera Barat | Top Sumbar – Adalah seorang Annisa Firstiyohana, pemenang Putri Heritage Indonesia Sumatera Barat tahun 2022 yang akan mewakili Provinsi ke tingkat Nasional di bulan Juni mendatang.

Setelah dikonfirmasi tim Top Sumbar, gadis sembilan belas tahun tersebut memaparkan bahwa sebenarnya jadwal perlombaan di tingkat nasional sudah diagendakan tanggal 8-13 Maret lalu, namun karena adanya PPKM, ajang bergengsi tersebut terpaksa dimundurkan hingga bulan Juni.

Putri Heritage Indonesia, adalah sebuah ajang bergengsi yang bergerak di bidang warisan budaya. Setelah memenangkan perlombaan di tingkat Provinsi pada 23 Januari 2022 lalu, Annisa yang akrab dipanggil Ica tersebut kini tengah mempersiapkan diri ke kancah nasional.

Bacaan Lainnya

Annisa mengakui, bahwa persiapan di tingkat Provinsi kemarin baru dipersiapkan dua minggu sebelum perlombaan.

“Sebenarnya sempat ragu juga akan menang, malah insecure juga sebelumnya sama peserta-peserta lain yang lebih cantik, lebih smart, lebih tinggi. Tapi dijalani saja dan tetap optimis, alhamdulillah Tuhan memberikan kesempatan kepada Ica untuk mewakili Sumatera Barat ke tingkat Nasional,” ujarnya. Minggu, (27/03/2022).

Dengan adanya ajang Putri Heritage ini, Annisa berharap anak-anak muda Minangkabau akan lebih mencintai budaya lokal daripada budaya luar.

“Tidak berarti menuntut sih, tapi setidaknya kita tahu bahwa kita punya kebudayaan yang sangat luar biasa. Kita punya warisan yang patut untuk kita jaga dan lestarikan. Seperti tari piring yang berasal dari Solok, Saluang Panjang dari Solok Selatan, rendang yang sekarang menjadi warisan budaya tak benda, gamad, dan masih banyak lagi.”

Saat ditanya kesiapan Annisa untuk maju ke tingkat nasional nanti yang akan diadakan di Malang, Annisa menjawab bahwa dia tengah mengemban tanggung jawab yang tidak ringan.

“InsyaAllah atas dukungan Dinas Kebudayaan, Angelia Management dan berbagai pihak, persiapan yang dilakukan antara lain seperti penguasaan tiga bahasa (Indonesia, Minang dan Inggris) advokasi, tari dan public speaking, kita sama-sama berharap Sumbar akan pulang membawa gelar juara.”

Untuk penampilan Annisa sendiri dapat disaksikan di link berikut: https://youtu.be/BGirG11RqeI mari bersama dukung Putri Heritage Indonesia yang akan bertanding di kancah nasional.

“Salam Putri Heritage, salam warisan budaya,” tutup Annisa mengakhiri wawancara.

(Haris)

Pos terkait