Malam Ini IKA Thawalib Gelar Silatnas dan Mubeslub

Yasrif: Murni Membentuk Pengurus IKA Thawalib

Padang Panjang, Topsumbar – Ikatan keluarga alumni (IKA) Thawalib, Padang Panjang, Sumatera Barat menggelar silaturahmi nasional (Silatnas) dan musyawarah besar luar biasa (Mubeslub) IKA Thawalib.

Acara yang diagendakan berlangsung selama tiga hari, (Kamis-Sabtu, 3-5 Maret 2022) itu direncanakan dibuka secara resmi Kamis malam ini, bertempat di Auditorium Mifan Water Park, Kota Padang Panjang.

Bacaan Lainnya

Ketua panitia kegiatan, Yasrif Yakub Tambusai mengatakan agenda Silatnas dan Mubeslub IKA Thawalib bakal dihadiri ratusan alumni Thawalib dari lintas angkatan dan dari berbagai daerah.

“InsyaAllah malam nanti setelah shalat Isya Silatnas resmi dibuka,” ujar Yasrif saat wawancara bersama Topsumbar.co.id, Kamis, (3/3/2022) sore, di lokasi acara.

Dikatakan Yasrif, tujuan digelarnya Silatnas dan Mubeslub IKA Thawalib adalah untuk merajut persatuan dan kebersamaan.

“Melalui Silatnas ini kita ingin merajut persatuan dan kebersamaan. Kita mulai dengan merajut hati lebih dulu, kita bertemu langsung, duduk bersama, semua secara kekeluargaan dan dengan niat hati yang lurus, yang lapang. Baru kita mulai musyawarah untuk membentuk kepengurusan IKA Thawalib kedepan,” ujar Yasrif yang menyebutkan ia alumni Thawalib 1986.

Lebih lanjut, Yasrif menyebutkan selama ini IKA Thawalib lebih seperti model paguyuban. Pengurusnya ada tapi tidak tetap karena kesibukan masing-masing. Kemudian belum punya anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART).

“Jadi tujuan utama Silatnas ini adalah membentuk kepengurusan IKA Thawalib sekaligus merumuskan AD/ART,” ujar Yasrif.

Yasrif kemudian mengilustrasikan yang sudah ada itu sekarang baru pondasi rumah.

“Nah, melalui Silatnas dan Mubeslub ini kita ingin pondasi itu menjadi rumah. Ada lantainya, dindingnya terpasang, atapnya terpasang, dan lainnya sehingga benar-benar menjadi sebuah rumah. Disitu kita bisa duduk bersama dan berdiskusi bersama. Rumah bersama itu yang kita maksudkan adalah IKA Thawalib,” ujar Yasrif.

Kemudian setelah rumah siap, imbuh Yasrif siapa yang akan membersihkannya dan menyiapkan kegiatan-kegiatan di rumah itu. Tentunya harus ada yang mengurusnya.

“Nah, yang mengurusnya ini yang kita maksud pengurus. Pengurus inilah nantinya yang akan mewakili anggota-anggota yang tersebar banyak di mana-mana ini. Plus bisa menjadi medium penghubung antar sesama alumni dan atau bisa pula memberikan masukan, kritik, saran yang membangun untuk almamater dan yayasan,” imbuhnya.

Yasrif juga menyebutkan, pada kesempatan ini, pada agenda Silatnas dan Mubeslub IKA Thawalib ini tidak akan membicarakan masalah-masalah masukan, pandangan-pandangan dan usulan ke yayasan Thawalib. Tidak.

“Jadi kegiatan Silatnas ini murni pembentukan pengurus IKA Thawalib dan pembentukan AD/ART,” tegasnya.

Adapun terkait masukan, usul, dan saran untuk almamater dan yayasan, sebut Yasrif biarlah itu menjadi ranah pengurus IKA Thawalib terpilih nantinya.

“Mereka yang akan memprogramkan. Misalnya nanti dalam rangka Milad Thawalib pada Juni atau Juli mengadakan diskusi, seminar atau kegiatan lainnya. Jadi perlu saya tegaskan kami hanya menghantarkan acara ini,”terangnya.

Juga disebutkan, ide mengadakan Silatnas dan Mubeslub IKA Thawalib berawal dari hasrat terpendam teman-teman alumni. Letupan itu menguat saat digelarnya silaturahmi dan pleno II IKAT Riau akhir Januari 2022 lalu.

“Silaturahmi dan pleno II IKAT Riau saat itu juga dihadiri ketua umum IKAT Riau dan alumni dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti dari Aceh, Sumbar, Jambi dan dari sejumlah daerah lainnya.” ujar Yasrif.

Dalam silaturahmi itu kemudian menguat aspirasi dan usulan dibentuk IKA Thawalib dan diperjelas AD/ART nya. Usulan tersebut kian menguat dan didukung oleh ketua umum alumni.

“Guna meneruskan aspirasi tersebut maka digelarlah Silatnas dan Mubeslub IKA Thawalib ini,” ujar Yasrif.

Untuk kesiapan pelaksanaan acara sendiri, pihaknya selaku panitia telah menyiapkan sejumlah tempat penginapan bagi peserta.

“Sore ini kita menunggu kedatangan para alumni dan kita telah menyediakan empat penginapan berukuran besar di kompleks Mifan ini,” ujarnya.

“InsyaAllah sesuai informasi yang kita terima acara pembukaan nanti juga bakal dihadiri Ketua Dewan Pengawas Thawalib, Abang Guspardi Gaus,” sambungnya.

Perlu juga kami sampaikan bahwa helat acara ini adalah helat alumni bersama yang dikoordinasikan dengan yayasan Thawalib.

“Malam nanti usai pembukaan diadakan silaturahmi, dialog dari alumni untuk alumni. Antara abang dengan adik. Nantinya tidak ada jabatan ini itu. Semua dalam konteks alumni, antara abang dengan adik,” pungkasnya sembari menyebutkan Mubeslub IKA Thawalib digelar Jumat besok.

(Alfian YN)

Pos terkait