BPP Kecamatan IV Nagari Menyusun Programa Penyuluhan 2023

Sijunjung | Top Sumbar – BPP Kecamatan IV Nagari melakukan penyusunan programa penyuluhan pertanian 2023 di ruang pertemuan BPP Kecamatan IV Nagari, Jl. Adinegoro, Muaro Bodi pada Selasa (29/3).

“Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh Bapak/Ibuk pemerintahan nagari yang telah memfasilitasi pertemuan penyusunan programa penyuluhan pertanian tingkat nagari 2023 pada bulan Januari 2022 lalu, hari ini kita lakukan rekapitulasi penyusunan programa penyuluhan pertanian tingkat Kecamatan IV Nagari 2023” demikian Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari menyampaikan kata sambutan dihadapan KJF Dinas Pertanian, Kasi Ekbang Kecamatan IV Nagari, serta Kasi Kesra nagari, penyuluh swadaya, dan penyuluh pertanian.

Penyusunan programa penyuluhan pertanian Kecamatan IV Nagari tahun 2023 ini merupakan tindak lanjut daripada Permentan Nomor: 47 tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian.

Bacaan Lainnya

“Dalam bulan April nanti kita juga akan melakukan penilaian petani teladan, kelompoktani terbaik, gabungan kelompoktani terbaik, penyuluh swadaya teladan, dan penyuluh pertanian teladan ke seluruh nagari yang ada di Kecamatan IV Nagari” demikian Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari menyampaikan sambutan.

Penyuluh Pertanian Madya dari Dinas Pertanian, Silvia, yang juga merupakan Liaison Officer (LO) BPP Kecamatan IV Nagari dan BPP Kecamatan Kupitan dalam sambutannya menyampaikan agar kita pahami bersama bahwa sesungguhnya programa sangat berbeda dengan program.

Programa penyuluhan pertanian adalah acuan dalam melaksanakan penyuluhan selama satu tahun yang akan dijabarkan melalui RKTP (Rencana Kerja Tahunan Penyuluh) oleh PPL maupun PPS, demikian Silvia menyampaikan.

“Penyuluh swadaya dan KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) adalah mitra strategis pemerintah, untuk itu marilah kita budayakan penggunaan pupuk organik, dan kita kembangkan terus penggunaan varietas padi sawah Lampai Sirandah sebagai ikon daerah” demikian Silvia menambahkan.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung yang diwakili oleh Ismed Dafri dalam arahannya menyampaikan tentang Peraturan Presiden Nomor 35 tahun 2022 tentang Penguatan Fungsi Penyuluhan Pertanian yang baru dikeluarkan bulan Maret 2022 ini sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas penyuluhan pertanian kedepannya.

“Perpres Nomor 35 tahun 2022 menjelaskan mengenai penguatan Posluhdes (Pos Penyuluhan Desa)” demikian Ismed Dafri memaparkan. Selanjutnya Ismed Dafri juga memaparkan tentang tatacara, serta langkah kerja dalam penyusunan programa penyuluhan pertanian.

“Draft programa disusun untuk bahan dalam penyusunan Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan)” demikian Ismed Dafri menerangkan dalam arahannya.

Kemudian penyusunan programa penyuluhan pertanian Kecamatan IV Nagari 2023 diisi dengan ekspos keadaan, masalah, tujuan, cara mencapai tujuan oleh PP. Programa, Pitriana, yang dilanjutkan dengan materi oleh Kasi Ekbang Kecamatan IV Nagari, Fadhillah, serta diskusi bersama perwakilan pelaku utama, pelaku usaha dan pemerintahan nagari.

Dengan tersusunnya programa penyuluhan pertanian Kecamatan IV Nagari 2023 ini maka salah satu indikator dari 9 indikator keberhasilan penyuluh pertanian telah terlaksana dengan baik.

(Gun)

Pos terkait