Angkat Tema Menggali Budaya Merayakan Sastra, UPTD Taman Budaya Adakan Workshop Sastra

Padang | Top Sumbar – Bertempat di lantai empat gedung Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, UPTD Taman Budaya mengadakan Workshop Sastra dengan tema Menggali Budaya Merayakan Sastra selama tiga hari berturut-turut. Selasa, (29-31/03/2022).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Syaifullah, S.Pd, MM dengan narasumber Benny Arnas, Dr. Fadillah dan Dr. Sudarman.

Dalam pembukaan, Syaifullah menjelaskan bahwa salah satu latar belakang diadakannya workshop sastra ini kita ingin agar penulis-penulis milenial Minangkabau dapat bersaing di kancah Nasional. Karena sejak dulunya sastrawan-sastrawan Minangkabau sudah membumi di Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Nanti, setelah tiga hari kita adakan workshop akan ada pemanduan karya selama tiga bulan, dan akan kita pilih tiga karya terbaik untuk kita terbitkan dalam Pekan Kebudayaan nantinya,” ujar Syaifullah.

Sementara itu, pemateri di hari pertama adalah Benny Arnas, seorang penulis kaliber kelahiran Lubuk Linggau yang telah menulis 27 buku. Karya-karyanya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, di alih-wahana menjadi film, pertunjukan, lagu, serta membawanya melakoni residensi di 19 negara.

“Kalau ingin menjadi penulis yang baik, terlebih dahulu harus menjadi pembaca yang baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Benny Arnas menjelaskan bahwa puncak dari proses kreatifnya saat Corona menghambat semua sektor kehidupan.

“Saya membaca lebih dari 70 buku selama satu tahun saat pandemi berada di puncaknya. Ibaratkan bahan, membaca yang banyak berarti mengumpulkan bahan untuk tulisan kita nanti. Jadi ketika menulis bisa mengalir karena bahan kita lengkap, perlengkapan kita lengkap.”

Diikuti oleh perwakilan dari 19 Kabupaten/Kota serta perwakilan perorangan dan komunitas, workshop sastra yang diadakan UPTD Taman Budaya diharapkan nanti bisa melahirkan sastrawan-sastrawan muda Minangkabau yang mampu bersaing bersama penulis bertaraf nasional hingga internasional.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Syaifullah, S.Pd, MM, kepala UPTD Taman Budaya, Hendri Fauzan.Hari, A.P,M.Si, Benny Arnas, perwakilan 19 kabupaten/kota serta tamu undangan lainnya.

(Haris)

Pos terkait