Vaksin Booster, Warga Boleh Pilih Sendiri Jenis Vaksinnya

Padang Panjang, Topsumbar – Bagi warga yang ingin mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster), diperbolehkan memilih jenis vaksin yang ingin disuntikkan, sesuai yang tersedia di gerai vaksin di Kota Padang Panjang.

Untuk saat ini, gerai-gerai vaksinasi Covid-19 di Padang Panjang menyediakan dua jenis vaksin, yaitu AstraZeneca dan Pfizer.

“Kita menyerahkan kepada yang divaksin mau menggunakan vaksin jenis apa. Namun itu tetap sesuai dengan dosis yang sudah didapatkan dari vaksin dosis pertama dan kedua. Saat ini kita hanya memiliki dua jenis vaksin di antaranya AstraZeneca dan Pfizer,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Rahmaisa, SKM , dilansir dari laman Diskominfo setempat, Rabu (23/2/2022).

Bacaan Lainnya

Beberapa hari lalu Kementerian Kesehatan mengeluarkan surat tentang Penyesuaian Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan (Booster) bagi Lansia. Yang mana sebelumnya pemberian vaksin booster untuk lansia dapat diberikan dengan interval minimal enam bulan, namun sesuai dengan surat tersebut, sudah bisa diberikan dengan interval tiga bulan setelah melakukan vaksin dosis pertama dan kedua.

“Sesuai dengan surat dari Kemenkes, untuk lansia pemberian vaksin booster ini sudah bisa dengan interval minimal tiga bulan. Namun untuk kategori yang lain, masih minimal enam bulan,” tuturnya lagi.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan, vaksin booster di Kota Padang Panjang baru mencapai 3.41% dari target dengan jumlah suntikan sebanyak 1.502. Sedangkan untuk total vaksin dosis pertama dan kedua maupun booster sudah mencapai 109,03% dengan jumlah sebanyak 96.085 suntikan.

“Mengingat banyaknya manfaat dari pemberian vaksin ini, maka di imbau kepada masyarakat untuk segera mendapatkan vaksin booster di gerai-gerai vaksin yang sudah disediakan Pemerintah Kota Padang Panjang,” tutup Rahmaisa.

(AL)

Pos terkait