Dibuka Wawako Asrul, RA-RKPD Dibahas di Forum Komunikasi Publik

Padang Panjang | Topsumbar – Wakil Wali Kota, Drs. Asrul membuka acara Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Padang Panjang Tahun 2023 yang digelar di Hall Lantai III Balai Kota, Kamis (10/2/2022).

Wawako Asrul mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan dalam menjalankan amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD.

“Tujuan dari acara konsultasi publik ini adalah untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal. Untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan Kota Padang Panjang Tahun 2023. Pelaksanaan konsultasi publik ini merupakan salah satu tahapan penyusunan RKPD sebelum dilaksanakannya musrenbang tingkat kecamatan,” katanya, melansir siaran pers Diskominfo setempat.

Bacaan Lainnya

Penyusunan RKPD ini, kata Asrul, merupakan tahun kelima dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2018-2023.

“Guna mengupayakan pencapaian visi Padang Panjang yang bermarwah dan bermartabat, penyusunan RKPD tahun 2023 harus lebih cermat serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi Pemko secara cepat, tepat dan prosedural.

“Melalui konsultasi publik ini diharapkan rancangan awal RKPD 2023 dapat ditelaah dan dipertajam bersama-sama dalam forum ini. Untuk menuju tema pembangunan pada tahun 2023 yang sejalan dengan visi misi SDM Unggul dan Berdaya Daya Saing Menuju Kejayaan Padang Panjang yang Bermarwah dan Bermartabat,” ucapnya.

Asrul berharap dapat tercipta sinergitas antara perencanaan pembangunan nasional, provinsi dan kota terkait dengan persamaan persepsi rancangan awal RKPD Kota Padang Panjang tahun 2023.

“Pelaksanaan konsultasi publik ini diharapkan menjadi media bagi penguatan komitmen seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam upaya menjaga konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan,” tuturnya.

Asrul juga berharap melalui forum diskusi ini akan ada masukan dan saran positif serta konstruktif dari peserta forum sebagai bahan bagi penyempurnaan rancangan awal RKPD. Pada akhirnya hasil konsultasi ini mampu mensinergikan berbagai program, kegiatan dan sub kegiatan dengan memprioritaskan kebutuhan masyarakat serta pendukung suksesnya pembangunan di Kota Padang Panjang.

“Semoga FKP ini dapat berjalan dengan baik, dan menghasilkan rancangan awal yang berkualitas dan selaras dengan RPJMD dan Visi Misi Walikota dan Wakil Walikota 2018-2023,” harapnya.

Turut hadir pada FKP tersebut, sekdako, asisten dan staf ahli, kepala OPD, camat dan lurah, pimpinan perguruan tinggi dan instansi vertikal, seluruh ketua organisasi dan tokoh masyarakat se-Kota Padang Panjang.

(AL)

Pos terkait