Pemkab Solok Lakukan Penyusunan Analisa Mutu Pendidikan Sesuai dengan Kepmendagri Nomor 050 Tahun 2020

Pemerintah Kabupaten Solok menggelar kegiatan penyusunan analisa mutu pendidikan kabupaten Solok tahun 2021, pada hari Sabtu, 06 Maret 2021 yang bertempat di Hotel Santika Bukittinggi.

Pada gelaran kegiatan penyusunan analisa mutu pendidikan tersebut dihadiri langsung oleh Plh Bupati Solok/H. Aswirman, SE, MM dan Kepala Barenlitbang/Erizal, SE, MM serta Sekretaris Dinas Pendidikan beserta seluruh peserta lainnya.

Erizal, SE, MM sebagai ketua pelaksana dalam laporannya mengatakan bahwa dengan disusunnya analisa mutu pendidikan di Kabupaten Solok ini, diharapkan akan terwujudnya peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas melalui 8 standar pendidikan nasional.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Kepala Barenlitbang itu mengatakan bahwa maksud dari pelaksanaan kegiatan ini agar di dapatkannya dokumen yang berisi keseluruhan informasi terkait dengan pendidikan, berupa gambaran kondisi ketercapaian mutu pendidikan Kabupaten Solok saat ini ini serta analisa terhadap data yang ada dan juga rencana aksi daerah terhadap peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Solok.

“Dan, tujuan dari acara ini adalah agar didapatkannya dokumen mutu pendidikan di Kabupaten Solok yang berisi analisa indikator makro yang harus dicapai dalam bidang pendidikan terkait 8 standar nasional pendidikan yang akan dijadikan masukan dalam penyusunan RPJMD Kabupaten Solok tahun 2021-2026,” tambahnya.

Selain itu, acara ini juga bertujuan agar didapatkannya analisa mutu yang akan dapat dimanfaatkan oleh pemerintah daerah sebagai acuan serta masukan dalam melakukan perencanaan serta perbaikan atas upaya peningkatan mutu pendidikan sesuai dengan kewenangan.

Kemudian, Erizal juga menyampaikan bahwa kegiatan dilaksanakan selama 3 hari ke depan dan peserta acara yang ikut adalah terdiri dari tim penyusun analisa mutu pendidikan Kabupaten Solok, seperti dari dinas pendidikan pemuda dan olahraga serta  Barenlitbang kabupaten Solok sebanyak 20 orang peserta.

Beriringan dengan itu, Plh Bupati Solok/H. Aswirman dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa tim yang ikut dalam acara ini memiliki peran yang sangat baik sekali terutama dalam memberikan pemikiran, waktu dan upaya dalam peningkatan mutu pendidikan untuk mewujudkan pembangunan manusia yang berkualitas di Kabupaten Solok.

Dengan demikian, melalui tim kerja ini, saya mengharapkan nantinya akan dilahirkan sebuah dokumen yang berisi analisis yang tepat terhadap kekuatan dan kelemahan serta peluang yang beranjak dari kondisi saat ini di bidang pendidikan Kabupaten Solok.

“Tidak hanya itu saja, semoga juga dapat melahirkan rekomendasi dan rencana aksi daerah terhadap peningkatan mutu pendidikan yang akan disandingkan dengan program dan kegiatan yang ada pada Kepmendagri Nomor 050 Tahun 2020 sehingga hasilnya akan dapat segera dijadikan masukan dalam penyusunan RPJMD 2021-2026 yang akan datang,” tambahnya.

Dan, sebagai output dari kegiatan ini saya meminta panitia pelaksana dapat segera menuntaskan penyusunan analisa mutu pendidikan ini serta melaporkan kepada saya agar segera dapat ditindaklanjuti ke depannya dalam upaya peningkatan sumber daya manusia di Kabupaten Solok.

“Dalam hal ini saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta penyusunan analisa mutu pendidikan ini karena, telah bersinergi secara bersama-sama melakukan rangkaian pembahasan dalam melahirkan tujuan yang ingin dicapai nantinya di bidang pendidikan,” ungkap Plh Bupati Solok H. Aswirman sembari menutup sambutannya.

(Andar MK)

Pos terkait