H. Gusmal Pada Pelantikan PCNU Kabupaten Solok, Ada Aset di Dilam untuk Dikelola dan Dikembangkan

Bertempat di Gedung Solok Nan Indah Arosuka, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Solok dilantik langsung oleh PWNU Sumbar dengan masa khidmat 2021-2026 pada hari Senin, 15 Februari 2021.

Pelantikan PCNU Kabupaten Solok tersebut dihadiri oleh Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM dan Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin, SH serta Ketua DPRD Kabupaten Solok Dodi Hendra, kemudian dihadiri juga oleh Ketua PWNU Sumbar Prof. H. Ganefri, Ph.D dan Rais Syuriyah PWNU Sumbar H. Hendri Al-Bukhari, S. Ag, M.Pd serta Ketua PCNU Kabupaten Solok terpilih H.Afrizen, S. Ag, Ph.D, nampak juga hadir Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Solok Buya Fahmi Memriza, Forkopimda Kabupaten Solok, Kepala SKPD terkait dan Para Pengurus Cabang PBNU Kabupaten Solok serta para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Tengku Yulidurahman, S. Pd sebagai panitia pelaksana pelantikan mengawali laporannya dengan mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah hadir dalam acara bersejarah ini, yakni pelantikan pengurus PCNU Kabupaten Solok periode 2021-2026.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Tengku Yulidurahman menyampaikan bahwa pada hari ini kita akan melaksanakan pelantikan pengurus NU Kabupaten Solok, yang sudah terpilih sesuai dengan AD-ART organisasi dan sudah diterbitkan SK- nya oleh PBNU Pusat.

“Dan, tema pelantikan PCNU Kabupaten Solok pada tahun 2021 ini adalah Membumikan Jam’iyah Aswaja An-Nahdliyah di Kabupaten Solok,” terangnya.

Untuk itu, kita sebagai panitia pelaksana berharap dengan kepengurusan NU yang baru ini, semoga dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Solok serta mampu memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat, harap Tengku Yulidurahman, S. Pd sembari menutup laporannya.

Khutbah Iftitah Rais Syuriyah PWNU Sumbar H.Hendri Al-Bukhari, S.Ag, M.Pd

Selanjutnya penyampaian khutbah iftitah Rais Syuriyah PWNU Sumbar oleh H. Hendri al-Bukhari, S. Ag, M.Pd dengan mengucapkan selamat kepada pengurus NU Kabupaten Solok yang hari ini baru saja dilantik oleh Ketua PWNU Sumbar dan disaksikan oleh segenap pejabat Pemkab Solok serta para tamu undangan lainnya.

Lebih lanjut, H. Hendri Al-Bukhari menjelaskan bahwa Nahdlatul Ulama (NU) adalah sebuah organisasi besar yang ada di Indonesia bukan hanya berkelas nasional namun sudah berkelas internasional karena ada 13 PCNU di berbagai negara yang ada di dunia.

“Dan, NU ini didirikan pada tanggal 16 Rajab 1344 H / 31 Januari 1926 dan kemarin kita sudah berulang tahun yang ke 95 dengan melakukan berbagai kegiatan keagamaan di setiap daerah yang ada di Negara Republik Indonesia ini,” jelasnya.

Terakhir, H. Hendri Al-Bukhari menerangkan bahwa Nahdatul Ulama (NU) ini lahir sebagai organisasi keagamaan yang memegang 4 prinsip yang sejalan dengan semangat keagamaan bangsa Indonesia yaitu Tawassuth, Tawazun,I’tidal dan Tasamuh.

Beriringan dengan itu, Ketua Tanfidziah PWNU Sumbar Prof. H. Ganefri, S.Ag, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, kami atas nama penggurus PWNU Sumbar mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PCNU Kabupaten Solok yang Alhamdulillah pada hari sudah dapat melantik kepengurusan yang baru.

“Dan, Kegiatan pelantikan ini dapat terlaksana tentu tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah, oleh Bapak Bupati, Wakil Bupati dan Ketua DPRD dan dukungan dari Forkopimda Kabupaten Solok serta para pihak yang ikut terlibat langsung maupun tidak langsung dalam menyukseskan pelantikan PCNU Kabupaten Solok,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Prof. H. Ganefri menerangkan bahwa pelantikan yang dilaksanakan pada hari ini adalah pelantikan PCNU yang ke 4 di Sumbar dari 15 PCNU yang sudah habis masa jabatannya.

Melalui kegiatan ini ijinkan saya menyampaikan bahwa kalau dilihat dari segi sejarah NKRI ini, NU sangat berperan aktif dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Sumbar 80% penduduknya adalah warga Ahlus Sunnah Wal Jamaah.

“Untuk itu, kita berharap kepada NU Kabupaten Solok khususnya agar bisa berperan sebagai pelayan umat dan mitra pemerintah dengan mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah daerah yang mengutamakan kepentingan umat,” tutup Prof. H. Ganefri.

Senada dengan itu, Ketua terpilih Tanfidziyah PCNU Kabupaten Solok H. Afrizen, S.Ag, M.Pd dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Solok, Ketua Tanfidziah PWNU Sumbar, Ketua DPRD Kab. Solok, Forkopimda Kab Solok dan seluruh pihak yang telibat sehingga acara pelantikan pengurus PCNU ini dapat berjalan dengan baik dan sukses sebagaimana yang kita harapkan bersama.

“Kami pengurus PCNU Kabupaten Solok sesuai dengan arahan PWNU Sumbar kita akan melaksanakan amanah ini sesuai dengan ketentuan yang sudah diatur dalam organisasi dan Insha allah pengurus PCNU Kabupaten Solok akan amanah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam memimpin organisasi besar ini,” ungkapnya.

Kemudian, H. Afrizen juga meminta dukungan penuh dari para ulama, tokoh masyarakat dan pemerintah daerah Kabupaten Solok, sebab tanpa ada dukungan kami tidak akan bisa berbuat apa-apa.

“Setelah pelantikan ini kami pengurus akan langsung melakukan rapat kerja PCNU Kabupaten Solok dan disana akan dituangkan program jangka pendek dan jangka panjang PCNU Kabupaten Solok ke depannya,” jelas Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Solok H. Afrizen.

Tak lama kemudian, Ketua DPRD Kabupaten Solok Dodi Hendra mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat kepada pengurus PCNU Kabupaten Solok yang sudah dilantik pada hari ini.

“Dan pada kesempatan kali ini saya sangat merasa bangga karena sudah menjadi bagian pengurus PCNU Kabupaten Solok,” ungkapnya.

“Kami dari DPRD akan mendukung penuh program-program PCNU Kabupaten Solok, guna untuk kemaslahatan umat dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” jelas Dodi Hendra.

Senada dengan itu, Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM dalam sambutannya juga mengucapkan selamat kepada pengurus PCNU Kabupaten Solok yang sudah dilantik pada siang menjelang sore ini, semoga para pengurus dapat menjalankan amanah yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya.

“Melalui kegiatan pelantikan ini, kami berharap semoga pengurus PCNU Kabupaten Solok yang baru, dapat bersinergi dengan baik dan bersama-sama membangun Kabupaten Solok yang selaras dengan falsafah Minangkabau yakni ‘Adat Basandi Syara, Syara’ Basandi Kitabullah’,” jelasnya.

“Diharapkan juga kepada kepengurusan PCNU Kabupaten Solok yang baru untuk segera bekerja dan membuat program-program yang dapat mencerdaskan kehidupan bangsa serta mampu mendirikan sebuah pendidikan di bawah naungan NU itu sendiri, sebab, NU Kabupaten Solok sudah memiliki tanah yang luas di Nagari Dilam sana dan sudah ada yayasannya yang bernama Yasnu Dilam, tidak hanya itu saja, di tanah tersebut pun sudah ada bangunan sekolah yang permanen. Untuk itu diharapkan kembali kepada PCNU Kabupaten Solok untuk mengelola tanah dan bangunan tersebut, kapan perlu bentuk sebuah pendidikan yang berbasis pesantren, karena khusus untuk Pemkab Solok untuk Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP) sudah ada Perda nya,” jelas Bupati.

Selanjutnya, Bupati juga menyampaikan bahwa salah satu tujuan dibentuknya NU oleh para tokoh kita terdahulu adalah untuk membentuk masyarakat yang berakhlak mulia dan tidak menyimpang dari kaidah agama Islam.

“Dalam hal ini, pemerintah Kabupaten Solok akan selalu bersinegi dan mendukung penuh program-program PCNU di Kabupaten Solok, semoga dengan adanya dukungan dari pemerintah ini PCNU Kabupaten Solok dapat menjadi model bagi PCNU di Sumatera Barat,” ungkap Bupati Solok H. Gusmal sembari menutup sambutannya.

(Andar MK)

Pos terkait