Bupati Solok Hadiri Langsung Pelatihan Khatib dan Imam Masjid se-Kabupaten Solok

Pada hari Sabtu, 19 September 2020 Bupati Solok menghadiri langsung undangan pelatihan khatib dan imam masjid se-Kabupaten Solok, yang bertempat di Ruang Pertemuan Islamic Centre Koto Baru Solok.

Selain Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM yang hadir dalam acara pelatihan khatib dan imam masjid se-Kabupaten Solok tersebut, turut hadir juga Ketua Baznas Kab. Solok H. Sukardi dan Ketua DMI (Dewan Masjid Indonesia) Kab. Solok H. Syamsir serta Ka. Kankemenag yang diwakili Kasi Bimas Zulkifli N, MM, Kemudian hadir juga Kabag Kesra Ahpi Gusta Tusri, S.STP dan Kabag Humas Syofiar Syam, S.Sos, M.Si beserta seluruh peserta pelatihan.

Zulkifli N, MM sebagai ketua pelaksana pada kesempatan tersebut melaporkan bahwa pada hari ini kita melaksanakan pelatihan bagi imam masjid dan khatib di Ruang Pertemuan Islamic Centre Koto Baru Solok.

Bacaan Lainnya

“Acara pelatihan ini bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi manajemen masjid dalam memakmurkan umat khususnya yang berada di sekitar masjid yang ada di Kabupaten Solok,” tuturnya.

Kemudian, Zulkifli N. MM menerangkan bahwa untuk peserta pelatihan khatib dan imam masjid se-Kabupaten Solok ini berjumlah 74 orang yang merupakan perwakilan dari tiap-tiap nagari yang ada di Kabupaten Solok.

“Untuk pelaksanaan kegiatan pelatihan khatib dan imam masjid se-Kabupaten Solok ini direncanakan selama satu hari penuh,” tutupnya.

Beriringan dengan itu, Bupati H. Gusmal, SE, MM pada kesempatan tersebut, dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh peserta yang mengikuti pelatihan khatib dan imam masjid, agar nantinya dapat saling berdiskusi dan saling mengisi antara narasumber dan peserta.

“Saya berharap juga, nantinya sebelum memulai materi oleh narasumber, kita laksanakan dulu pre test untuk melihat dan mengukur sejauh mana pemahaman peserta terhadap materi yang akan diberikan narasumber nantinya,” harap Bupati.

Selanjutnya, Bupati Solok H. Gusmal menjelaskan bahwa Dewan Masjid itu bertugas untuk memakmurkan masjid dengan berbagai kegiatan.

“Program yang dicanangkan oleh pemerintah, seperti subuh berjama’ah dan magrib Al-Qur’an tidak akan berjalan maksimal tanpa ada dukungan dari para khatib dan imam mesjid di seluruh nagari yang ada di Kabupaten Solok,” tambahnya.

Selanjutnya, Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM menyampaikan bahwa pada saat ini kita tengah berada dalam masa pandemi Covid-19, sudah banyak masyarakat kita yang terpapar oleh virus tersebut.

“Untuk itu, melalui kegiatan ini Pemerintah Kabupaten Solok mengajak seluruh masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan kepada para imam masjid dan khatib, agar turut mensosialisasikan program terkait dengan pengendalian dan pencegahan penyenyebaran Covid-19 di tengah masyarakat di nagarinya masing-masing,” tutupnya.

(Andar MK)

Pos terkait