SUBP se-Kabupaten Solok Mendapatkan Pujian dari Bupati Solok

Dalam rangka menyambut dan memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H/2020 M, pemerintah Kabupaten Solok bekerja sama dengan PHBI Kab. Solok dalam menyukseskan pergelaran acara lomba Khutbah Jumat antar Sekolah Menengah Pertama – Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SMP-SUBP) se-Kabupaten Solok pada hari Selasa, 18 Agustus 2020, yang bertempat di Masjid Agung Nurul Mukhlisin Islamic Centre Koto Baru Solok.

Gelaran acara menyambut dan memeriahkan tahun baru Islam 1442 H tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM dan Kabag Kesra Ahpi Gusta Tusri serta Kakan Kemenag Kabupaten Solok, kemudian dihadiri juga Forkopimcam Kubung dan Kepala Kantor Urusan Agama se-Kab. Solok serta Kepala Sekolah SUBP/0endamping dan para siswa-siswi utusan lomba.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM membuka secara resmi gelaran acara penyambutan dan memeriahkan tahun baru Islam 1442 H. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat berlomba kepada perwakilan siswa SMP SUBP se-Kabupaten Solok.

Bacaan Lainnya

“Pelaksanaan Lomba Khutbah Jumat Antar SMP SUBP se-Kabupaten Solok ini, adalah dalam rangka memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H dan beliau sangat yakin perwakilan tersebut adalah putra-putri terbaik bangsa utusan dari sekolah masing-masing,” tuturnya.

Kemudian, H. Gusmal menerangkan bahwa dalam kehidupan masyarakat modern saat ini, umat Islam dituntut untuk menerapkan makna hijrah dalam konteks perjuangannya, untuk itu, pada peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H di Kabupaten Solok ini, dengan mengangkat tema peringatan, yaitu ‘Bersama mewujudkan Generasi Qur’ani Menuju Masyarakat Kabupaten Solok yang Madani’.

“Hakikat dari Hijrah itu sendiri adalah selalu berada dijalan yang benar dan selalu merubah diri dan keluarga ke arah yang lebih baik, terutama dalam menjalankan ibadah, peningkatan iman dan taqwa kepada Allah SWT dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, harus punya komitmen untuk berubah kearah yang lebih baik kedepannya,” ungkap H. Gusmal.

Selanjutnya, Bupati pada peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H tersebut juga mengajak seluruh masyarakat kabupaten, di tahun baru ini, mari kita jadikan sarana introspeksi diri dengan menyadari segala kelemahan dan kekurangan, untuk selanjutnya berubah kearah yang lebih baik menuju taat kepada Allah SWT melalui peningkatan iman, perbaikan akhlak dan ibadah kepada Allah SWT.

“Perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H ini kita sambut dengan kegiatan yang bernuansa Islam pula. Sebab generasi muda harus berperan aktif untuk mensyiarkan Islam di tengah-tengah masyarakat, karena tantangan umat Islam semakin hari semakin berat, seperti pengaruh negatif melalui teknologi, media sosial, narkoba, LGBT, dan pergaulan bebas yang marak di tengah-tengah masyarakat. Kesemuanya itu memerlukan komitmen kita semua dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Solok yang madani, relegius dan berakhlak mulia,” paparnya.

“Dalam beberapa tahun belakangan ini, untuk mengatasi pengaruh tersebut, Pemerintah Kabupaten Solok telah menyelenggarakan Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP) yang ada didaerah dan sudah ada regulasinya terkait dengan SUBP tersebut yakni Peraturan Bupati Solok Nomor 3 Tahun 2018,” jelas Bupati.

“Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP) adalah sekolah umum yang suasana didalamnya adalah suasana pesantren yang sangat berguna dalam menciptakan generasi yang berkualitas dan berkarakter,” tambahnya.

“Penyelenggaraan Sekolah Umum Berbasis Pesantren adalah dalam rangka mewujudkan Kabupaten Solok yang maju dan mandiri serta berakhlak mulia menuju kehidupan masyarakat madani di sektor pendidikan,” tuturnya.

Kegiatan lomba yang dilaksanakan hari ini adalah bertujuan sebagai bahan evaluasi sejauh mana progress dan capaian dari program SUBP di Kabupaten Solok dan Alhamdulillah dapat kita lihat hari ini bahwa melalui program SUBP yang dicanangkan oleh pemerintah sudah ada peningkatan sedikit banyaknya terhadap generasi penerus bangsa.

“Di samping itu, melalui lomba ini kita berharap akan lahir bibit-bibit yang paham akan agama, khususnya di cabang Khutbah Jumat yang mengikuti seleksi Calon Kafilah Kabupaten Solok dalam mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan digelar tahun 2021 mendatang,” ungkap H. Gusmal.

Untuk itu, kita berpesan kepada para kepala sekolah dan pembimbing agar bersabar dalam membimbing siswa-siswa selama mengikuti pendidikan, guna untuk menghasilkan generasi yang berkarakter Qurani.

“Terakhir, kita juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia yang telah berhasil mengangkat acara yang cukup penting dan mulia ini di masa tatanan normal baru Covid-19,” tutup Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM.

Kemudian, Ahpi Gusta Tusri yang saat ini menjabat sebagai Kabag Kesra dan sekaligus menjadi panitia acara melaporkan bahwa tujuan acara ini dilaksanakan adalah dalam rangka menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H/2020 M.

“Juga untuk mengevaluasi program kegiatan SMP-SUBP se-Kabupaten Solok dan mencari bibit khusus cabang khutbah Jumat yang akan dipersiapkan untuk MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 mendatang,” paparnya.

Selanjutnya, Ahpi Gusta Tusri menerangkan bahwa Peserta lomba saat ini adalah berasal dari SMP SUBP se-Kabupaten Solok berjumlah 34 orang, yang terdiri dari :
a. 17 orang khatib
b. 17 orang muadzin.

Dan tema lomba khutbah Jumat yang akan di perlombakan ialah :

  1. Mensyukuri nikmat Kemerdekaan Negara Republik Indonesia.
  2. Hikmah Tahun Baru Islam 1442 H/2020 M.

(Andar MK)

Pos terkait