Bupati Solok Hadir dalam Acara Pelatihan Penguat Kelembagaan Koperasi, Berpesan Agar Tingkatkan Kesejahteraan Anggota

Pemerintah daerah Kabupaten Solok menggelar acara pelatihan dalam penguat kelembagaan koperasi bagi pengurus koperasi yang ada di Kab. Solok, gelombang ke II tahun 2020, pada hari Minggu, 26 Juli 2020, bertempat di Emersia Hotel Batusangkar.

Pada gelaran acara pelatihan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Solok (H. Gusmal, SE, MM) dan Kadis Koperindag Kab. Solok (Eva Nasri) serta Perwakilan Kejari Solok (Irfan), kemudian diikuti oleh para pengurus koperasi Kabupaten Solok.

Kadis Koperindag Eva Nasri, dalam laporannya pada acara pelatihan penguat kelembagaan koperasi tersebut melaporkan, bahwa kegiatan pelatihan gelombang kedua ini diikuti oleh 40 orang pengurus dan pengelola koperasi yang ada di Kabupaten Solok, kemudian acara pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari ke depan.

Bacaan Lainnya

Peserta yang ikut dalam pelatihan penguat kelembagaan koperasi ini, tidak hanya pengurus atau pengelola koperasi yang sudah ada sejak lama saja, tetapi ikut juga pengurus koperasi yang baru merintis hingga koperasi yang sudah berprestasi, tambahnya.

Kemudian, Eva Nasri juga menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keprofesionalan pengurus koperasi dalam mengelola koperasi demi meningkatkan kesejahteraan anggota.

Beriringan dengan itu, Bupati Solok dalam sambutannya pada acara tersebut, menekankan bahwa dalam pembentukan sebuah koperasi harus didasari dengan undang-undang atau aturan yang berlaku di negara kita, khususnya Kabupaten Solok.

“Karena salah satu tujuan dari pembentukan sebuah organisasi koperasi tersebut ialah untuk mensejahterakan anggota koperasi serta mencari laba atau benevit untuk organisasi koperasi itu sendiri,” jelas Bupati.

“Dengan adanya koperasi di lingkungan masyarakat, maka secara tidak langsung akan berdampak baik terhadap perekonomian anggota maupun untuk masyarakat sekitarnya,” tambahnya.

Maka dari itu, saya ingatkan agar organisasi koperasi yang ada saat ini, mampu menjadikan koperasi ini sebagai wadah untuk membangun sebuah usaha yang berkelanjutan, karena bagi koperasi yang aktif, juga akan menunjang perekonomian suatu daerah.

Kemudian, H. Gusmal juga berpesan kepada pengurus dan pengelola koperasi, agar orang-orang yang dalam sebuah organisasi koperasi atau usaha harus memiliki sikap berani dan terampil serta memiliki pemahaman dan wawasan yang cukup agar usaha yang digeluti dapat berjalan dengan baik lancar, sesuai dengan yang diharapkan.

Untuk itu, saya berharap agar seluruh koperasi yang ada di Kabupaten Solok agar terus aktif dari masa ke masa, karena, pemerintah daerah dalam hal ini, melalui Dinas Koperindag akan selalu memberikan binaan koperasi beserta pengurusnya, guna untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam menjalankan roda organisasi itu sendiri.

Dan, dalam memajukan serta membentuk sebuah koperasi yang baik, maka seluruh pembukuan harus jelas serta transparan, dalam pembentukannya sebuah juga harus didasari dengan kesamaan kebutuhan serta tujuan.

Terakhir, Bupati Solok berpesan agar setiap anggota koperasi tidak hanya menjadi pribadi yang konsumtif saja, tetapi, juga harus menjadi pribadi yang produktif.

(Andar MK)

Pos terkait