Update Covid-19 Sumbar 09 Juni: Bertambah 19 Positif, 10 Sembuh, 2 Meninggal

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), kembali merilis data terbaru data pantauan Covid-19 se-Sumbar.

Menurut juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal, dalam rilis data terakhir pembaharuan dan rincian perkembangan Covid-19 di Sumbar hingga Selasa, (09/6/2020), pukul 16::21 WIB.

Juga diterima Topsumbar.co.id menyebutkan total sampai hari ini jumlah warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 berjumlah sebanyak 645 orang, dengan perincian :

Bacaan Lainnya

Dirawat di berbagai rumah sakit 122 orang (18,91%)
Isolasi mandiri di rumah 56 orang (8,68%)
Isolasi daerah 0 orang (0,00%)
Bapelkes 13 orang (2,01%)
BPSDM 26 orang (4,03%)
BPP Padang 8 orang (1,24%)
BDK 30 orang (4,65%)
Balatkop 0 orang (0,00%)
Meninggal dunia 29 orang (4,49%)
Sembuh 361 orang (55,96%)

Artinya pada hari ini terjadi penambahan positif terinfeksi Covid-19 sebanyak 19 orang dibandingkan dengan jumlah sehari sebelumnya, Senin, (08/6/2020) tercatat berjumlah 626 orang.

Selanjutnya pasien sembuh pada hari ini juga bertambah sebanyak 10 orang.

Dengan demikian jumlah pasien sembuh hari ini meningkat menjadi 361 orang. Sebelumnya, Senin, (08/6/2020) kemaren berjumlah 351 orang.

Sedangkan pasien meninggal dunia, pada hari ini juga bertambah sebanyak 2 (dua) orang. Dengan demikian total pasien meninggal tercatat berjumlah 29 orang. Sebelumnya Senin, (8/6/2020) kemaren tercatat berjumlah sebanyak 27 orang.

Diterangkan Jasman Rizal, berdasarkan data dari Dinkes Prov. Sumbar yang mendapatkan hasil pemeriksaan swab dari Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi dibawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc.

Bahwa dari 1.328 spesimen diterima dan terperiksa dari berbagai rumah sakit se Sumatera Barat, terkonfirmasi tambahan warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 sebanyak 19 (sembilan belas) orang.

“Jumlah ini juga sebagai koreksi dari jumlah 18 orang yang telah diberitakan pagi tadi,” terang Jasman Rizal.

Adapun pertambahan 19 positif terinfeksi Covid-19 hari ini semuanya dari Kota Padang, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Wanita 28 th, warga Mato Aia, pekerjaan swasta, diduga terpapar dari pekerjaan, penanganan isolasi mandiri sementara.
  2. Pria 37 th, warga Pisang, pekerjaan Polri, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi BDK.
  3. Pria 41 th, warga Parupuak Tabiang, pekerjaan Polri, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi BDK.
  4. Wanita 16 th, warga Kuranji, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  5. Pria 13 th, warga Kuranji, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  6. Wanita 52 th, warga Korong Gadang, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  7. Wanita 20 th,warga Kuranji, status Mahasiswi, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  8. Anak-anak (perempuan) 6 th, warga Piai Tangah, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  9. Wanita 59 th, warga Piai Tangah, pekerjaan swasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  10. Wanita 40 th, warga Piai Tangah, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  11. Wanita 11 th, warga Piai Tangah, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  12. Anak-anak (laki-laki) 9 th, warga Piai Tangah, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  13. Pria 45 th, warga Piai Tangah, pekerjaan tukang ojek, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  14. Wanita 35 th, warga Piai Tangah, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  15. Wanita 16 th, warga Piai Tangah, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  16. Wanita 13 th, warga Piai Tangah, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  17. Anak-anak (perempuan) 5 th, warga Piai Tangah, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  18. Bayi (perempuan) 2 bulan, warga Piai Tangah, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  19. Pria 59 th, warga Pagambiran Ampalu, pekerjaan tukang service, terinfeksi karena bekerja di Pasar Raya, penanganan dirawat di RSUP. Dr. M. Djamil Padang.

pasien sembuh sebanyak 10 orang dengan rincian:

  1. Wanita 34 th, warga Pulau Punjuang Kab. Dharmasraya, pekerjaan tenaga kesehatan, diduga terpapar dari tempat kerja, pasien RSUD. Sungai Dareh.
  2. Wanita 19 th, warga Pulau Punjuang, status pelajar, terinfeksi karena sebagai Santri Temboro, pulang dari Jawa Timur tanggal 18 April 2020, pasien RSUD. Sungai Dareh.
  3. Wanita 27 th, warga X Koto Kab. Tanah Datar, pekerjaan tenaga kesehatan, diduga terpapar dari rumah sakit, pasien RSUD Apdang Panjang.
  4. Wanita 37 th, warga IV Angkek Kab. Agam, pekerjaan Guru, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD. Dr. Achmad mochtar Bukittingi.
  5. Pria 52 th, warga Muaro Sijunjuang Kab. Sijunjuang, pekerjaan petugas lapas, diduga terpapar dari tempat kerja, pasien karantina BPSDM.
  6. Wanita 47 th, warga Batu Gadang Kota Padang, pekerjaan karyawan toko, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien karantina BPSDM.
  7. Pria 26 th, warga Muaro Sijunjuang, pekerjaan petugas lapas, diduga terpapar dari tempat kerja, pasien karantina BPSDM.
  8. Pria 23 th, warga Jorong Pasa Baru Ampalu, pekerjaan petugas lapas, diduga terpapar dari tempat kerja, pasien karantina BPSDM.
  9. Wanita 27 th, warga Muaro Gambok, pekerjaan petugas lapas, diduga terpapar dari tempat kerja, pasien karantina BPSDM.
  10. Pria 29 th, warga Muaro Gambok, pekerjaan petugas lapas, diduga terpapar dari tempat kerja, pasien karantina BPSDM.

Meninggal dunia sebanyak 2 orang dengan rincian:

  1. Pria 69 th, warga Rawang, pekerjaan Buruh, diduga terpapar dari pekerjaan, pasien RSUP. Dr. M. Djamil Padang.
  2. Wanita 64 th, warga Banda Olo, ststus IRT, terinfeksi karena suami pedagang pasar raya, pasien RSUP. Dr. M. Djamil Padang.

Berikut perkembangan Covid-19 di Sumbar yang datanya kami himpun dari berbagai rumah sakit dan gugus tugas Kabupaten Kota se Sumatera Barat, Selasa 9 Juni 2020 pukul 14.00 WIB.

Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 9.310 orang.

Proses pemantauan 162 orang, dengan rincian karantina Pemda 4 orang dan 158 orang isolasi mandiri. Selesai pemantauan 9.148 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 1157 orang.

Dari 1157 PDP tersebut, 53 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif, pulang dan sehat sebanyak 1104 orang.

“Mari kita semua berdoa, semoga wabah pandemik Covid-19 segera berakhir,” tutup Jasman Rizal yang adalah juga Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat.

(AL)

Pos terkait