Pemko Padang Panjang Aktifkan Tiga Posko Pemeriksaan Cegah Covid-19

Untuk menahan laju lonjakan penyebaran virus corona di Padang Panjang, Pemerintah Kota melalui Satuan Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Virus Corona (Satgas PPVC) selalu melakukan penjagaan di batas kota.

“Hal ini dilakukan guna memeriksa setiap kendaraan yang masuk, maupun melintasi Kota Padang Panjang,” kata Walikota Fadly Amran melalui Sekda Sonny Budaya Putra, Ahad, (05/04/2020), di batas kota jembatan kembar Silaing Bawah.

Sonny Budaya Putra mengatakan, tiga posko pemeriksaan (Rumah Susu Bukit Surungan, Kacang Kayu Batas Kota menuju Tanah Datar dan Jembatan Kembar Batas Kota menuju Padang), tiap hari biasanya ramai dilewati kendaraan.

Bacaan Lainnya

Sembari memantau, Sonny yang juga Ketua Gugus Tugas PPVC juga memberikan arahan kepada tim untuk senantiasa memerhatikan setiap kendaraan yang melintas.

“Kita mesti kerja keras. Ini kita lakukan agar penyebaran virus corona ini tidak bertambah di daerah kita,” sebutnya.

Dalam pemeriksaan, setiap kendaraan yang lewat akan diberhentikan dan ditanya arah tujuan. Jika mereka tujuan ke Padang Panjang akan diperiksa kesehatannya oleh tim yang telah disiapkan. Kalau tidak mereka disilahkan jalan kembali.

Di samping itu, Kepala Dinas Kesehataan Drs. Nuryanuwar, Apt, M.Si, MM mengatakan pemeriksaan ini merupakan salah satu cara yang dilakukan agar penyebaran virus ini tidak naik atau bertambah terutama di Padang Panjang.

“Jika mereka tidak memiliki gejala, mereka akan kita minta pulang dan diharapkan untuk melakukan isolasi mandiri, tetapi jika terdapat gejala kami akan melakukan tindakan lanjut. Apabila mereka minta dikarantina, kami siap melakukan baik mereka yang ODP maupun PDP, karena Pemko telah menyiapkan sekitar 25 kamar yang terletak di BLK dan BBI,” jelasnya. (AL/Kominfo)

Pos terkait