Pengurus Masjid, Pemilik Rumah Makan dan Pemilik SPBU Diberikan Sosialisasi Penanganan Corona

Menindakanjuti arahan Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, untuk pencegahan penyebaran Covid-19 (Corona Virus Disiase – 2019) di Kabupaten Dharmasraya, seluruh pengurus masjid, pemilik rumah makan dan pemilik SPBU yang ada di sepanjang Jalan Lintas Sumatera dikumpulkan untuk diberikan sosialisasi penanganan virus corona.

Sosialisasi yang dilakukan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya ini dilaksanakan di Aula Lantai II Kantor Bupati Dharmasraya, Selasa (17/03/2020), dan dibuka oleh Asisten Pemerintahan, M. Yusuf.

Sebagai daerah yang dibelah jalur lintas sumatera, sebut Yusuf, sangat memungkinkan Dharmasraya dapat terpapar virus corona. Sebab setiap harinya, orang-orang dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi dari luar daerah ada saja yang singgah. Apakah untuk makan, sholat atau mengisi bahan bakar kendaraan.

Bacaan Lainnya

“Ini sangat perlu untuk kita waspadai. Maka dari itu, Bupati meminta agar di masjid-masjid, rumah makan dan SPBU dilakukan penyemprotan disinfektan sebagai salah satu langkah pencegahan. Kemudian menyediakan tempat cuci tangan,” ujar Yusuf.

Adapun, dalam kesempatan itu, para peserta sosialisasi diberikan pemahaman tentang apa itu virus corona, apa saja tanda dan gejalanya, bagaimana penularannya, dan seperti apa langkah pencegahannya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, dr. Rahmadian, virus corona semestinya tidak perlu menjadi sesuatu yang harus ditakuti, namun perlu untuk diwaspadai. Karena sebenarnya corona dapat dilawan dengan menjaga kesahatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Maka dari itu, imbuh Rahmadian, agar terhindar dari paparan virus, kita perlu membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat dalam keseharian.

Selain memberikan pemahaman seputar virus corona, pada kesempatan itu petugas dinas kesehatan juga melakukan demo tentang bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar. Kemudian juga ada penyerahan bantuan hand sprayer dari Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan kepada para pengurus masjid yang ada di sepanjang jalur lintas sumatera. (Yanti Hms)

Pos terkait