Pemko Padang Panjang dan LAN RI Gelar Acara Laboratorium Inovasi OPD

Guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) menggelar acara Laboratorium Inovasi bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Lurah di lingkungan Pemko setempat, di Mifan, Selasa (25/02/2020). Laboratorium tersebut untuk mendorong OPD serta Camat dan Lurah agar terus berinovasi dalam pelayanan publik.

Wakil Walikota Padangpanjang, Drs. Asrul yang membuka acara tersebut mengatakan bahwa Inovasi daerah merupakan hal yang mesti dilakukan dalam rangka akselerasi pembangunan dan peningkatan penyelenggaraan pemerintah sekaligus meningkatkan daya saing daerah masing-masing.

“Harus ada inovasi dalam penyelenggaraan pembangunan dan pelaksanaan tugas-tugas pelayanan sosial kemasyarakatan, jika tidak ada inovasi, maka pelaksanaan pekerjaan akan berlangsung rutinitas seperti biasa, ” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Dengan begitu, melalui laboratorium inovasi ini diharapkan akan tercipta lebih banyak lagi inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi perbaikan pelayanan publik di lingkungan Pemko Padangpanjang.

“Kami menantang masing-masing OPD untuk berinovasi sebanyak-banyaknya sesuai dengan tahapan yang sudah di atur oleh undang-undang dan kepada OPD yang melahirkan Inovasi terbaik akan diberikan penghargaan nantinya, “tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Rusdianto, S.IP, MM mengatakan kegiatan ini akan dilangsungkan selama 3 hari kedepan mulai tanggal 25-27 Februari 2020 dengan jumlah peserta sebanyak 185 orang yang berasal dari masing-masing OPD, Camat dan Lurah.

“Selama 3 hari ini narasumber dari LAN RI akan memberikan asistensi kepada seluruh OPD untuk mendesain inovasi sesuai dengan isu strategis yang ada yang sesuai dengan 5 tahapan dalam laboratorium inovasi yang dikenal dengan 5D yaitu, Drum Up, Diagnose, Design, Deliver dan Display, “pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Deputi Kajian Kebijakan dan Inovasi Lembaga Administrasi Negara, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) PadangPanjang, Sonny Budaya Putra, AP, M.Si, Staf Ahli, Asisten dan Kepala OPD di lingkungan Pemko Padangpanjang. (AL/Kominfo).

Pos terkait