Tim Kabupaten Nilai Nagari Terbaik Bidang Keamanan dan Ketertiban

DHARMASRAYA, TOP SUMBAR– Tim Penilai Nagari Terbaik bidang Keamanan dan Ketertiban mulai mengunjungi nagari yang masuk nominasi lomba. Asril, selaku Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah bersama rombongan, Rabu (24/07/2019) berkunjung ke nagari nagari yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai nominator dalam lomba tahunan itu.
Nagari yang dikunjungi oleh tim itu adalah Nagari Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung, Nagari Taratak Tinggi Kecamatan Timpeh, Nagari Gunung Medan Kecamatan Sitiung.

Asril mengatakan, penilaian lomba nagari berprestasi bidang keamanan dan ketertiban dilakukan dalam dua tahap. Pertama ekspose, kedua kunjungan ke lapangan, yang bertujuan untuk melihat secara langsung sistem keamanan lingkungan di masing-masing nagari, yang menjadi fokus dalam penilaian Nagari Aman ini.

“Di sini kita melihat, apakah yang disampaikan saat ekspose betul-betul sesuai dengan kondisi riil di lapangan,” ujar Asril.

Bacaan Lainnya

Asril menambahkan, penilaian ini merupakan bentuk dorongan agar bagaimana keamanan dan ketertiban berbasis masyarakat tercipta di nagari. Sebab menurutnya, masalah keamanan itu tidak hanya tanggung jawab aparat keamanan saja, melainkan juga menjadi tanggungjawab masyarakat.

“Itulah kenapa pemerintah daerah rutin melaksanakan penilaian ini setiap tahun, guna mendorong partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, salah satunya melalui siskamling,” terangnya.

Sementara Maihendri, KBO Sat Binmas Polres Dharmasraya yang juga tergabung sebagai tim penilai, menjelaskan, maksud dan tujuan perlombaan ini untuk mencari Poskamling yang betul tetul telah melaksanakan tugas dan bekerjasama dengan kepolisian dan TNI. (Yanti/Hms)

Pos terkait