Saluran Air Bersih Warga Terputus, Walinagari Dilam Antarkan Proposal ke BPBD Pemkab Solok

194

Terputusnya saluran air bersih Pansimas Harapan Bunda untuk kebutuhan air bersih masyarakat Jorong Kapalo Koto dan Batukarak Nagari Dilam akibat diterjang air besar yang mengakibatkan kekeringan di setiap rumah masyarakat.

Walinagari Dilam, sekaligus Ketua Pansimas Harapan Bunda, Kamis (13/2/2020), pada TopSumbar.co.id mengatakan bahwa ia telah mengantarkan proposal ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Solok untuk mendapatkan bantuan untuk perbaikan saluran air bersih Pansimas Harapan Bunda tersebut.

“Kita sudah mengantarkan proposal ke BPBD Kabupaten Solok untuk mendapatkan dana tanggap darurat, guna memperbaiki saluran air bersih yang terputus untuk 2 jorong tersebut,” kata Janawir.

Selain itu, dilanjutkan Janawir, kita juga mengajukan permohonan bantuan untuk perbaikan saluran irigasi Talaok Jorong Kapalo Koto yang mengairi sawah untuk Jorong Kapalo Koto dan Batukarak Nagari Dilam.

Menurutnya, kondisi irigasi Talaok pun disejumlah titik banyak yang rusak parah. Ini butuh penanganan serius dari Pemerintah Daerah Kabupaten Solok sehingga tidak berimbas pada buruknya perekonomian masyarakat.

“Jika ini tidak cepat diperbaiki akan berdampak pada aktivitas masyarakat dan aspek sosial lainnya,” ucapnya.

Semoga pemerintah kabupaten sangat responsif terhadap bencana ini, dan membantu untuk perbaikan saluran air bersih dan irigasi Talaok tersebut. Sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa, dalam mencukupi kebutuhan hidup sehari-harinya. (Andar MK)

loading...