Paskibraka Limapuluh Kota Dikukuhkan

LIMAPULUH KOTA, — Sebanyak 28 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih Kabupaten Limapuluh Kota dikukuhkan Bupati Irfendi Arbi di Aula kantor bupati, Bukik Limau, Sarilamak, Kamis (15/8).

Pengukuhan ini ditandai dengan pemasangan candit secara simbolis kepada anggota Paskibra dan pengucapan ikrar pemuda Indonesia. “Selamat kepada siswa-siswi yang dilantik. Karena (Mereka, red) yang berada disini merupakan siswa-siswi terbaik yang ditugaskan mengibarkan bendera di hari kemerdekaan kita yang ke 74,” ujarnya Irfendi Arbi.

Irfendi berharap, mereka yang dikukuhkan bisa menunjukkan kedisiplinan dan keteladanan sebagai pasukan pengibar bendera dengan melihatkan nasionalisme yang tinggi dalam menjalankan tugas yang mulia.

“Lakukan tugas pengibaran bendera merah putih dengan baik. Jadikan ini pengalaman paling berharga bagi ananda semua,” jelas bupati.

Dikatakannya, Paskibraka memikul tanggung jawab kenegaraan yang berat dan mulia, dipundak mereka terpikul tanggungjawab untuk mengibarkan bendera pada peringatan hari ulang tahun ke 74 kemerdekaan Republik Indonesia.

“Bagi bangsa Indonesia bendera merupakan lembang kebanggan dan identitas kenegaraan. Oleh karenanya bendera tidak bisa diperlakukan sembarangan. Bendera harus diperlakukan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan,”ungkapnya.

Anggota pasukan pengibar bendara pusaka sebelum memikul tugas yang maha mulia ini di didik dan dilatih selama 14 hari, hal ini dimaksudkan agar mereka mempunyai kemampuan dan pengetahuan tentang tata uypacara dan tatacara memperlakukan bendera serta sikap disiplin, cinta tanah air dan rela berkorban.

Sikap mental ini tidak hany diperlakukan selama menjadi pasukan pengibar bendera saja, tapi harus kalian jadikan sebagai sikap hidup dalam kehidupan sehari-hari. “Ananda harus menjadi agen perubahan yang positif dilingkungan masing-masing, ananda harus menjadi tauladan bagi teman-teman ananda,” tambahnya.

Sesuai dengan tema hari ulang tahun ke 74kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini menuju Indonesia unggul hal ini dapat kita maknai bahwa bangsa Indonesia sedang berjuang, beerproses menuju bangsa yang mempuyai kompetensi yang handal di berbagai bidang.

“Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama selalu menyingsingkan lengan untuk selalu bekerja dan bekerja demi mewujudkan indonesia unggul. Begitu juga di kabupaten Limapuluh Kota. Mudah-mudahan dengan peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI 2019 ini akan memberikan pengaruh yang positif bagi kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara,”tutupnya. (ton)

LEAVE A REPLY