Sosok Dr. dr. Andani Eka Putra Dimata Jasman Rizal: Beliau Memang Prajurit Tangguh

137
Foto : Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc
Foto : Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc

Pengantar Redaksi

Kamis, 10/6/2021, siang kemaren publik Sumatera Barat (Sumbar) dikejutkan dengan kabar terpapar positif Covid-19 Dr. dr. Andani Eka Putra, M. Sc.

Dr. dr. Andani Eka Putra, M. Sc yang dimaksud adalah Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Dr. dr. Andani Eka Putra, M. Sc adalah juga penanggungjawabBalai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dalam pemeriksaan sampel spesimen yang menentukan seseorang positif negatifnya Covid-19.

Adapun kabar terpapar positif Covid-19 Dr. dr. Andani Eka Putra, M. Sc telah di rilis, Kamis (10/6), siang kemaren oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Sumbar, Jasman Rizal Dt. Bandaro Bendang.

Jasman Rizal Dt. Bandaro Bendang yang adalah juga Juru Bicara Penanganan Covid-19 provinsi Sumbar memiliki penilaian khusus terhadap sosok Dr. dr. Andani Eka Putra, M. Sc.

Berikut Topsumbar.co.id sajikan testimoni Jasman Rizal Dt. Bandaro Bendang tentang sosok Dr. dr. Andani Eka Putra, M. Sc., yang dibagikan Jasman Rizal Dt. Bandaro Bendang ke awak media di WAG Sumbar Dalam Online, Jumat, (11/6/2021) pagi.

***

Begitu mendapat khabar bahwa Dr. Andani Eka Putra, M.Sc positif terinfeksi Covid-19 Kamis pagi (10 Juni 2021), saya langsung telpon beliau.

Dengan tenang Andani bercerita, bahwa soal terinfeksi Covid-19 hanya menunggu giliran. Sebab, dia sehari-hari bergelumuk-tumuk dengan virus itu sendiri. Semua anggota beliau di Lab telah terpapar Covid-19 semuanya.

Menurut Andani, ya wajar saja. Main air pasti kecipratan air, main api pasti sesekali terbakar api. Nah, berurusan dengan virus Covid-19 tiap hari, lambat laun akan terpapar juga.

Sejak dari awal, komitmen Andani, perjuangannya, keberaniannya melakukan pemeriksaan sample spesimen Covid-19 dengan pola pool test, adalah sesuatu pekerjaan yang menurut banyak orang adalah pekerjaan “gila”.

Ya, benar. Andani adalah orang gila, gila dengan pekerjaannya, gila dengan tanggungjawabnya.

Saya tak mau cerita panjang lagi tentang sosok seorang Andani yang telah banyak berbuat untuk negeri. Semua kita telah mengetahui sepak terjangnya dalam perang menghadapi Covid-19.

Setiap pagi saya selalu dipasok data hasil lab oleh Andani. Tiada hari buat kami tanpa diskusi.

Lalu, pagi ini saya kaget karena beliau tetap mengirimkan data hasil lab. Padahal saya tau, bahwa data lab itu sebelum dipublish, harus beliau periksa. Artinya, dia dalam keadaan demam akibat terpapar Covid-19, masih tetap menjalankan tugas dan tanggungjawabnya memeriksa hasil lab seperti biasa tanpa tidur.

Saya tahu persis, selama ini beliau tidur selalu subuh karena memeriksa hasil pemeriksaan sample. Praktis dia tidur hanya 2 atau 3 jam sehari.

Dengan sedikit agak marah, saya WA beliau “Sakit kok masih juga bekerja, istirahat ajalah dulu”.

Dengan enteng dia jawab “insyaa Allah aman”.

Padahal saya tahu persis kondisinya saat ini di rawat di ICU Covid-19 M Jamil.

Ah… Andani…

Entah apa lagi kata-kata yang mau saya ucapkan. Speechless….

Hanya doa yang mampu saya ungkapkan. Semoga cepat sembuh prajurit tangguh….

JR Dt. Bandaro Bendang
Padang, 11 Juni 2021

(AL)

loading...