Enam Cara Menahan Lapar Saat Puasa

TOPSUMBAR – Ketika menjalankan ibadah puasa saat bulan Ramadan ada satu tantangan yang tak mudah yaitu menahan lapar dan haus. Umat muslim yang ada di Indonesia menjalankan ibadah puasa, dan menahan lapar serta haus lebih dari 13 jam.

Semua orang pasti ingin menjalankan puasa sebulan penuh, nah untuk mencapai target tersebut yaitu dengan cara mengetahui cara menahan lapar dan haus ini bisa membuat kamu lebih kuat menjalankan puasa ketika sedang beraktivitas biasanya.

Yuk, simak saja langsung cara menahan lapar saat puasa dibawah ini.

Bacaan Lainnya
  1. Sahur

Sahur menjadi kegiatan yang tak akan lepas dari bulan suci Ramadan. Semua muslim pasti melaksanakan sahur.

Melakukan sahur jangan sampai terlewat karena dapat membuat tubuh kamu tahan menjalankan puasa hingga waktunya berbuka.

Jika takut sahur terlewat, kamu bisa meminta bantuan orang tua atau orang terdekat untuk membangunkan lebih awal atau setting alarm di smartphone kamu sesuai jadwal sahur.

  1. Pilih Menu Sahur yang Tepat

Memilih menu sahur yang tepat juga sangat diperlukan, karena kondisi perut saat berpuasa seharian ditentukan oleh asupan makananmu ketika sahur.

Memilih menu sahur yang tepat akan membuat perut tidak terlalu cepat lapar saat berpuasa. Dari sekian banyak menu yang ada, menu yang sangat direkomendasikan adalah menu karbohidrat kompleks.

Misalnya roti gandung, oatmeal, beras merah, dan sebagainya. Sebaiknya hindari menu sahur seperti mi instan dan bubur ayam karena kedua makanan tersebut hanya memberikan rasa kenyang untuk sementara.

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Cara lain untuk bisa menahan rasa lapar saat puasa adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan saat sahur.

Selain menahan rasa lapar, mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh   juga diperlukan supaya kamu terhindar dari dehidrasi saat puasa.

Menurut salah satu sumber, metode yang paling sederhana untuk mengatasi lapar saat bulan puasa adalah dengan mengkonsumsi cairan secukupnya, yang paling penting air putih.

Untuk menjaga agar tubuh tidak terkena dehidrasi, bisa dimulai saat waktu sahur. Usahakan minum air putih secukupnya sesuai dengan kebutuhan cairan dalam tubuh kamu.

  1. Tetap Produktif

Tidak alasan untuk bermalas-malasan saat berpuasa, kamu tetap harus menjaga produktivitas kerja saat di bulan Ramadhan. Sebab, dengan melakukan kegiatan yang produktif, kamu dapat mengalihkan perhatianmu dari rasa lapar saat berpuasa.

Tetap melakukan kegiatan produktif dengan syarat jangan melakukannya secara berlebihan. Jika badan kamu mulai terasa lemas, jangan ragu untuk beristirahat sejenak.

  1. Tidur yang Cukup

Selama bulan puasa, menjaga tidur cukup juga janghan lupa untuk mengatur pola tidur yang baik. Jangan sampai terlalu banyak atau kurang tidur.

Biasakan untuk jangan begadang saat malam hari. Karena saat pagi hari kamu akan melaksanakan sahur.

Di siang harinya kamu bisa menyisihkan waktu untuk tidur siang sebentar setelah salat dzuhur. Jangan terlalu lama karena bisa menyebabkan rasa pusing.

  1. Lakukan Hobi dan Membaca Al-Qur’an

Saat berpuasa kamu bisa semakin produktif dengan melakukan hobi yang kamu senangi selama ini. Misalnya membaca buku, mendengarkan musik, atau hal lainnya.

Saat melakukan hobi dapat membuatmu lupa rasa lapar dan haus yang dirasakan. Tidak hanya itu saja, melakukan hobi juga dapat membuat badan dan psikismu di bulan Ramadan menjadi lebih bugar.

Selain itu, kamu juga bisa membaca Al-Qur’an dan melakukan kegiatan keaagaman lainnya yang dapat mendekatkan kamu dengan Allah SWT.  (*)

Pos terkait