Sanggar di Padang Pariaman Dapat Pembinaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Serahkan Bantuan

224

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman, dibawah pimpinan Zahirman, S.Sos,  melalui Bidang Kebudayaan, telah melakukan Pembinaan Kesenian Tradisonal pada setiap sanggar, ini merupakan kegiatan rutinitas tahunan yang ada di bidang tersebut.

Kali ini ada dua sanggar seni yang dapat pembinaan diantaranya Sanggar Seni Budaya Elang Laut yang berlokasi di kecamatan Sungai Limau, Dan Sanggar Seni Mambangkik Batang Tarandam, yang letaknya di Kecamatan IV Koto Aur Malintang,

Latihannya meliputi beberapa bidang, yaitu bidang musik, tari, dan randai, sekali gus membina sanggar seni dalam bentuk memberikan bantuan sarana kesenian untuk sanggar, sebanyak tiga sanggar seni, diantaranya Sanggar Seni Jaya Budaya di Kecamatan Batang Anai, Sanggar Seni Ramo-Ramo di Nagari Toboh Gadang di Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, dan Sanggar Seni Anak Rang Mudo di Kecamatan Lubuk Alung, pada kegiatan pembinaan Kesenian Tradisional dananya difasilitasi dari dana APBD Tahun anggaran 2020 ucap kabid Seni Budaya Suhatman.

Selanjutnya saat pemberian bantuan alat musik, beberapa waktu yang lalu, Kabid Seni Budaya Suhatman di dampingi oleh Kasi Ade Novalia, dan di saksikan langsung Hery kurnia. M.Si, selaku ketua Tim pemeriksa barang dan jasa, Tim ini menyerahkan  bantuan tersebut  lansung kepada sangagar yang telah memenuhi krateria, adapun pembinaan kesenian tradisional dan pembinaan sanggar untuk sanggar seni Jaya Budaya yang berada di Kecamatan Batang Anai, sanggar ini di berikan  Gitar Bass Elektrik, Gandang Tambua, Tasa, Speaker, wireless dan mic tambahnya.

  • Kasi Seni dan Budaya  Ade Novalia  mengulas  tentang Sanggar seni Ramo-Ramo yang berada di Kecamatan Sintuak Toboh Gadang mendapatkan bantuan alat musik, seperti talempong, Gandang Tambua, Tasa, pakaian pemusik . Ada pula pakaian untuak tambua tassa, baju tari gelombang, giriang-giriang, rebana besar,dan pakaian perlengkapan untuk  anak daro serta accordion.

Dan kepada sanggar lain juga akan kami lanjut pembinaannya, agar bisa memanfaatkan alat ini sesuai dengan yangdi harapkan,  namun di sayangkan kita dalam masa pandemi covit -19, tak banyak yang bisa kita perbuat , sebab kita di batasi oleh situasi dan keadaan pungkasnya.

(Len)

loading...