Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini datangi Korban Banjir dan Tanah Longsor di Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini datangi Korban Banjir dan Tanah Longsor di Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman

TOPSUMBAR – Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini mendatangi rumah korban terdampak banjir dan longsor di Kabupaten Padang Pariaman.

Pada kesempatan tersebut, Risma juga turut mendatangi rumah sepasang suami istri yang merupakan korban meninggal akibat longsor pada 7 Maret lalu.

Kunjungan berlangsung di Korong Lapau Jambu, Nagari Sungai Durian, Kecamatan Patamuan, pada Rabu malam, 13 Maret 2024 tersebut.

Bacaan Lainnya

Kedatangan Risma bukan sekedar memberi dukungan secara moral, namun juga memberikan dukungan secara moril. Bantuan santunan uang masing-masing sebesar Rp 15 Juta diberikan kepada empay orang ahli waris korban bencana longsor tersebut.

Hal tersebut merupakan suatu upaya dari pemerintah dalam mengkoordinir penanganan bencana alam serta pasca pemulihan di berbagai daerah.

Dalam menyalurkan bantuan tersebut, pemerintah akan mengklasifikasikan bantuan sesuai dengan yang dibutuhkan masing-masing daerah. Tujuannya ialah untuk memastikan tidak ada satupun korban bencana yang terabaikan oleh pemerintah.

Dalam kesempatan tersebut, Risma menyatakan komitmen pemerintah untuk memastikan kebutuhan dasar korban dapat segera terpenuhi. Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat turut serta membantu pemerintah dalam mendukung proses pemulihan pasca terjadinya bencana.

“Kami bukan sekedar simbol atas dukungan pemerintah, namun juga harus memastikan bantuan yang diberikan telah tepat sasaran. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban para korban terdampak bencana,” ujar Risma.

Risma juga turut memberikan penawaran kerja kepada ahli waris Randa (28) untuk bekerja di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Padang.

Pada kesempatan tersebut, sejumlah bantuan yang diberikan kepada korban yakni, 700 paket makanan siap saji, 81 selimut. Selain itu, juga diberikan kasur sebanyak 36 lembar, tenda gulung sebanyak 50 buah, kemudian 10 paket tenda keluarga, lalu 1 unit tenda serbaguna.

Sedangkan untuk keperluan anak-anak, diberikan berupa 50 paket kids ware, 100 paket family kid, kemudian 50 paket sandang anak dan 100 paket sandang dewasa.

Mesin genset juga turut diberikan kepada korban sebagai alat untuk penyaluran listrik ketika terjadi pemadaman listrik.

Risma mengakhiri kunjungan dengan melakukan peninjauan di lokasi rumah yang dilanda oleh longsor pada beberapa waktu yang lalu.

Turut hadir Kapolres Padang Pariaman, Kadis Sosial Padang Pariaman, Kadis Kominfo, Kepala Bapelitbangda, Camat Patamuan, Wali Nagari Sungai Durian, serta Forkopimca Patamuan.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait