Persiapan Rakernas XV APEKSI Terus Dimatangkan, Bima Arya Puji Kota Padang

45

Kesiapan Kota Padang sebagai tuan rumah penyelenggara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2022 semakin terus dimatangkan. Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya Sugiarto pun memuji Pemerintah Kota (Pemko) Padang yang telah melakukan persiapan seoptimal mungkin demi kelancaran event yang bakal dihadiri 97 Wali Kota se-Indonesia itu.

“Alhamdulillah kita mengapresiasi Pemko Padang di bawah kepemimpinan pak Wali Kota Hendri Septa yang telah melakukan persiapan seoptimal mungkin selaku tuan rumah Rakernas XV APEKSI 2022 dan juga Indonesia City Expo (ICE) ke-18. Saya lihat konsepnya semakin matang apalagi melibatkan banyak pihak terutama unsur forkopimda dan stakeholder terkait. Sekarang tinggal penyempurnaanya saja, semoga berjalan sesuai harapan,” kata Bima Arya sewaktu hadir langsung dalam rapat koordinasi dengan Pemko Padang di Palanta Kediaman Resmi Wali Kota Padang, Minggu (19/6/2022) malam.

Dalam kesempatan itu juga hadir bersama dirinya Sekretaris Dewan Pengurus APEKSI Alwis Rustam yang juga Direktur Eksekutif APEKSI bersama rombongan Direktorat APEKSI dan PT. Kinarya selaku event organizer (EO) ICE ke-18. Bima juga membeberkan, selain dihadiri para Wali Kota se-Indonesia pihaknya juga akan menghadirkan para tokoh-tokoh nasional calon pemimpin bangsa ke depan dalam Rakernas XV APEKSI di Padang nantinya.

“Jadi ini kejutan dan keberkahan bagi Kota Padang karena akan dikunjungi ribuan tamu dan orang-orang hebat seantero negeri ini. Semoga Rakernas XV APEKSI ini memberikan manfaat bagi warga Kota Padang khususnya. Diantaranya UMKM masyarakat di sini banyak yang diberdayakan karena akan ada 4.000 lebih pengunjung yang akan datang ke Padang mengikuti Rakernas. Tentu akan mendokrak perekonomian masyarakat yang bermuara meningkatnya pendapatan asli daerah (PAD) Kota Padang,” katanya.

Selanjutnya manfaat Rakernas XV APEKSI lainnya jelas Bima yaitu juga akan memberdayakan pemuda. “Terutama sekali melahirkan hasil konkrit terkait dengan format-format sinergi APEKSI ke depan. Selamat buat Kota Padang yang akan menggelar Rakernas XV APEKSI, semoga menjadi tuan rumah yang lebib sukses dibanding perhelatan Rakernas APEKSI sebelum-sebelumnya,” pungkas Wali Kota Bogor itu.

Sementara itu Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, untuk persiapan selaku tuan rumah Rakernas XV APEKSI pihaknya terus melakukan rapat evaluasi dari hari ke hari.

“Alhamdulillah dalam rapat evaluasi lanjutan kali ini kita didatangi langsung Bapak Bima Arya selaku Ketua Dewan Pengurus APEKSI. Beliau juga membawa Sekretaris Dewan Pengurus APEKSI Alwis Rustam yang juga Direktur Eksekutif APEKSI bersama rombongan Direktorat APEKSI dan PT. Kinarya selaku EO ICE ke-18. Hal ini semakin menguatkan kita untuk menjadi tuan rumah yang sukses tentunya,” imbuh Wako Padang bersemangat.

Hendri pun menyampaikan keinginan untuk dapat menyajikan hal yang berbeda dan memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan pelaksanaan Rakernas APEKSI di beberapa kota sebelumnya.

Di samping menjadi penyelenggara Rakernas APEKSI yang baik dan sukses, kita juga akan berikan pelayanan kepada tamu-tamu untuk mencicipi keunggulan-keunggulan yang ada di Kota Padang nantinya. Baik itu dari sisi kuliner, pariwisata, serta hal penting dan menarik lainnya selama pelaksanaan Rakernas. Lebih jauh Wali Kota milenial itu pun berharap melalui pelaksanaan Rakernas APEKSI di Kota Padang ikut membangun dan membangkitkan ekonomi kerakyatan di Padang yang cukup lama ‘down’ akibat pandemi Covid-19.

“Melalui Rakernas APEKSI XV di Kota Padang semoga bisa memberi berkah dan kebangkitan ekonomi bagi kita semua. Karena semua ini kita upayakan demi kebaikan dan kemajuan warga Kota Padang yang kita cintai tentunya,” imbuhnya didampingi Sekda Andree Algamar bersemangat.

Dalam kesempatan, para Asisten dan Koordinator Penyelenggara Rakernas XV APEKSI di Padang yang terdiri dari unsur pimpinan OPD di Pemko Padang juga meninjau pembangunan Youth Center dan Tugu Apeksi. Seperti diketahui, Gedung Youth Center saat ini tengah dibangun dan bakal dijadikan pusat kreatif dan inovasi pemuda di Kota Padang.

Direncanakan peresmiannya bersamaan dengan pergelaran Rakernas XV APEKSI di Padang pada 7-10 Agustus 2022 mendatang. Bima Arya menilai langkah Pemko Padang menghadirkan Gedung Youth Center sangat tepat untuk kemajuan masyarakat khususnya generasi muda.

“Insya Allah di gedung ini nanti akan kita jadikan tempat berkumpulnya anak-anak muda komunitas ekonomi kreatif di seluruh Indonesia dalam bingkai APEKSI. Kita juga akan mendatangkan para tokoh nasional sebagai pembicara dalam acara tersebut. Semoga menjadi hal baik bagi kita semua,” sebutnya.

“Saya sangat mengapresiasi Pemko Padang, melalui komitmen Bapak Wali Kota Hendri Septa yang bisa menghadirkan Youth Center bagi warga Kota Padang. Kita tahu tidak banyak kota di Indonesia yang memiliki Youth Center dengan fasilitas yang besar seperti ini,” ucap Bima Arya.

“Saya rasa Padang memang beda, semoga bisa menjadi contoh dan menginspirasi daerah lainnya di Indonesia untuk melakukan hal serupa,” imbuh Wali Kota Bogor itu didampingi Sekretaris Dewan Pengurus APEKSI Alwis Rustam yang juga Direktur Eksekutif APEKSI.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar mewakili Wali Kota Padang menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya meninjau langsung kesiapan Kota Padang selaku tuan rumah Rakernas XV APEKSI.

“Kita berterima kasih atas kunjungan Pak Ketua Dewan Pengurus APEKSI ke Kota Padang kali ini. Beliau juga menyempatkan diri meninjau pengerjaan Gedung Youth Center yang saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 78 persen. Sesuai target insya Allah paling lambat akhir Juli nanti pembangunannya sudah rampung,” terang Sekda.

“Pembangunan gedung Youth Centre dengan tiga lantai ini merupakan bagian dari program Pemko Padang yang tertuang dalam RPJMD dan merupakan satu dari 11 Program unggulan Wali Kota Padang.

“Di sana akan kita siapkan untuk pusat kreativitas pemuda dengan menyediakan 17 sub-sektor ekonomi kreatif, termasuk stand fashion produk UMKM unggulan Kota Padang dan tempat digelarnya kegiatan positif lainnya,” jelasnya lagi.

Usai melakukan peninjauan ke Youth Center, Bima Arya juga meninjau pembangunan Tugu Apeksi di Komplek Perkantoran Balaikota Padang Aie Pacah. Ia berharap pembangunan tugu Apeksi dapat berjalan lancar mengingat ini adalah tugu perdana yang dibangun sepanjang sejarah Rakernas Apeksi di berbagai kota di Indonesia. (***)

loading...