Nasrul Abit : Makan Bajamba Tanda Orang Minang Slalu Bermusyawarah

668

Suasana makan bajamba di Museum Aditiawarman Padang

PADANG, TOP SUMBAR — Makan Bajamba, menandakan orang minang itu selalu hidup bermusyawarah mufakat dalam pertemuan makan bersama tanpa membeda-bedakan satu sama lainnya. Kebersamaan menjadi kekuatan dalam membangun nagari dan kaum.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Nasrul Abit saat memberikan sambutan pada acara makan bajamba dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018 di Sumatera Barat bersama beberapa orang Menteri Kabinet Kerja, Duta besar negara sahabat, ketua PWI dan pengurus, Ketua Dewan Pers, Gubernur, forkopimda, Ketua DPRD Hendra Irwan Rahim, Sekdaptov Ali Asmar, kepala OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, pimpinan redaksi media dan utusan insan pers se-Indonesia, di Museum Aditiawarman Padang, Kamis malam (8/2).

Wagub Nasrul Abit menyampaikan saat ini ada 300 jamba untuk masing -masing jamba 6 orang berarti ada 1.800 orang hadir malam ini. Ini mungkin salah satu makan bajamba terbesar dalam perhelatan di Sumatera Barat.

Dikatakan Nasrul Abit, makan bajamba merupakan makan bersama dalam adat, yang biasa dilakukan dalam perhelatan dan peristiwa penting dalam budaya orang minang, ketika akan mengambil keputusan besar dalam kehidupan bermasyarakat di Sumatera Barat.

“HPN 2018 ini merupakan salah satu peristiwa penting itu, yang membuka mata dan pikiran banyak orang akan potensi Sumatera Barat dalam berbagai potensi terutama potensi pariwisata alamnya yang indah, budayanya yang unik dan makanan yang terlezat di dunia,” ungkap Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan permohoan maaf Gubernur Irwan Prayitno yang ngak bisa hadir karena mendampingi Presiden Joko Widodo acara di Kabupaten Tanah Datar.

“Semoga ini tidak mengurangi kemeriahan makan bajamba ini dalam helat HPN 2018, pers berbuat, pariwisata maju, ekonomi lancar, masyarakat sejahtera, bangsa bermartabat,” ucapnya.

Lebih lanjut Nasrul Abit menyampaikan, selaku tuan rumah peringatan HPN 2018, kami atas nama pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat menyampaikan permohonan maaf, jika ada hal-hal yang kurang berkenan di hati dalam pelayanan selama dalam acara ini.

“Tiada maksud hati untuk membuat para tamu kami kecewa, kami berupaya memberikan hal yang terbaik untuk keutuhan NKRI dan kejayaan Pers Indonesia. Selamat Hari Pers Nasional, jadilah pers sehat, profesional dan bermartabat dalam memajukam bangsa dan negara,” himbau Nasrul Abit. (Syafri)

loading...