Melaui Pramuka, Kamabida, Ka Kwarda Dan Kwarcab Bersinergi Dalam Membangun Daerah

764

Kamabida Irwan Prayitno melantik Nasrul Abit sebagai Ka Kwarda 03 Sumatera Barat

PADANG, TOP SUMBAR — Kita tampil di depan menghadapi segala bentuk tantangan, hambatan, kendala terhadap kita, baik nasionalisme dan semangat untuk membela bangsa dan negara, Pramuka bisa menjadi contoh bagi kita semua.

Hal itu disampaikan dalam acara pelantikan pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Sumatera Barat yang diadakan di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat, Jumat (2/2).

“Melalui Pramuka generasi muda telah terbentuk karakter pribadi anak bangsa yang mempunyai karakter nasional, disiplin, jujur dan amanah serta karakter yang positif lainnya,” kata Irwan Prayitno selaku Gubernur Sumatera Barat.

Pramuka juga membentuk lifeskill, dilanjutkan Irwan Prayitno, kemampuan hidup yang bisa membuat kita mandiri, matang dan cepat untuk bisa mengembangkan aktualisasi diri anak bangsa.

“Dengan pramuka kita juga akan memajukan daerah Sumatera Barat, melalui pengurus, termasuk juga kabupaten/kota mari bersinergi, berkomunikasi dan terus menjalin kerjasama, dalam melaksanakan dan meningkatkan program secara bersama,” ajak Gubernur.

“Kita tidak hanya mengikuti jambore tingkat nasional, daerah akan tetapi banyak lain termasuk kurikulum untuk pendidikan yang bersifat ekstrakurikuler,” paparnya.

Dengan telah diamanahkan oleh Undang-undang untuk mengelola SMA dan SMK, Pemerintah Provinsi melalui dorongan Kwarda, Kearcab untuk memantapkan program ini di generasi muda, khususnya dikalangan anak SMA dan SMK.

Selain itu bupati/walikota yang merupakan pimpinan pengurus di Kwarcab hendaklah slalu meningkatkan program-program pramuka dikalangan SD dan SMP yang menjadi kewenangannya.

“Ka Kwarda dan Kamabida haruslah bersinergi, begitu juga dengan Kwarcab. Selain itu dengan Kwartir ranting pun terus menjalin komunikasi agar kekompakan di kepermukaan terus terjalin,” ingat Gubernur.

Sebagai pimpinan Pemda Irwan Prayitno mengatakan akan selalu siap membantu program pramuka baik lingkup Kwarda maupun Kwarcab bahkan ranting sekalipun. Untuk itu Gubernur Sumatera Barat juga menyarankan untuk terus mengajukan segala bentuk kebutuhan yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dilantik sebagai Kamabida, yang lantik oleh Adhyaksa Dault selaku Ka Kwarnas dan Nasrul Abit sebagai Ka Kwarda 03 Sumatera Barat. (Syafri)

loading...