Luncurkan Nagari Mandiri Pangan, Irwan Prayitno : Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Sumbar

583

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam acara peluncuran Nagari Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat sebagai Nagari Mandiri Pangan 2017-2021

PASAMAN BARAT, TOP SUMBAR — Pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat selalu memprioritaskan pembangunan di daerah tertinggal, terpinggir dan daerah perbatasan. Begitu juga pembangunan dalam rangka meningkatkan swasembada pangan di daerah yang dimulai dari pedesaan atau nagari.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat meluncurkan Nagari Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat sebagai Nagari Mandiri Pangan 2017-2021 di Desa Baru, Kamis (15/3).

“Program itu tentunya juga menjadi prioritas Pemprov Sumbar, yang salah satunya menetapkan Nagari Desa Baru sebagai nagari mandiri pangan,” kata Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno menilai, Nagari Desa Baru yang berbatasan langsung dengan Sumatera Utara ini, kedepannya harus dioptimalkan. Upaya yang dilakukan adalah, pertama meningkatkan kemampuan memproduksi pangan secara mandiri. Kedua, menyediakan pangan yang beraneka ragam dan memenuhi persyaratan keamanan mutu gizi.

Ketiga, meningkatkan dan mempermudah akses pangan bagi masyarakat, dengan harga yang wajar dan terjangkau. Keempat, meningkatkan nilai tambah dan daya saing komoditas pangan di pasar dalam negeri dan luar negeri. Dan Kelima, meningkatkan kesejahteraan bagi petani, nelayan dan pelaku usaha pangan di Sumatera Barat.

“Dengan adanya nagari pangan ini, maka berbagai program akan dilaksanakan dari banyak dinas. Baik Dinas Pertanian, peternakan, kesehatan dan lainnya,” ucapnya.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno juga meminta kepada para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumatera Barat, agar menyiapkan sarana prasarana di Nagari Desa Baru. Selain itu juga meningkatkan koordinasi dengan OPD Pasaman Barat dan instansi terkait lainnya.

Irwan Prayitno juga mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah, dengan menanam tanaman sayur mayur, buah-buahan dan berternak.

“Jika masyarakat mampu memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan berbagai macam tanaman, maka akan mengurangi pengeluaran. Karena kebutuhan rumah tangga akan teratasi,” paparnya.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno juga memuji langkah Bupati Pasaman Barat Syahiran, yang melaksanakan berbagai program pembangunan, dalam rangka upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. (Syafri)

loading...