Grup Konseling Notaris dan PPAT Adakan Pembekalan UKEN untuk Anggota Luar Biasa

313

Grup Konseling Notaris (KN) yang beranggotakan Notaris dan PPAT dari berbagai daerah di Indonesia dan tergabung dalam WhatsApp Grup (WAG) KN akan mengadakan kegiatan pembekalan ujian kode etik notaris (UKEN) untuk anggota luar biasa (ALB), sebagai bentuk kepedulian atas UKEN, Jumat, (25/6/2021), besok.

Menurut inisiator dan salah seorang pendiri WAG KN, Amrizakar, SH. M.Kn, kegiatan pembekalan UKEN tersebut digelar melalui webinar bertajuk Pembentukan Karakter Jabatan Notaris (PKJN).yang materinya pembekalan pembentukan sikap dan karakter notaris sebagai implementasi kode etik.

“Acara ini diadakan sebagai bentuk kepedulian dan empati terhadap rekan-rekan calon notaris yang melewati banyak tahapan dan syarat untuk menjadi notaris,” kata Amrizakar, SH. M. Kn dalam keterangan tertulisnya diterima Topsumbar.co.id, Kamis, (24/6/2021) pagi.

Lebih lanjut dikatakan Amrizakar yang adalah juga Notaris/PPAT berpraktek di Kab. Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, ujian kode etik notaris atau dikenal UKEN adalah sebagai salah satu syarat untuk dapat diangkat menjadi notaris.

“Pada pelaksanaan UKEN akan diujikan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik dari calon notaris yang dikenal dengan Anggota Luar Biasa (ALB),” kata Amrizakar yang adalah juga penulis buku Tabir Kesaktian Akra Notaris, sebuah buku referensi bacaan bagi Notaris, PPAT, dan praktisi hukum.

Adapun nara sumber yang akan tampil menyampaikan materi pada webinar besok, sebut Amrizakar, terdiri dari akademisi dan profesional dibidangnya, yakni :

Pemateri Pertama akan tampil Hj. Devi Rusli S.Psi. Msi, Dosen Psykologi UNP Padang dengan materi berjudul ‘Tips dan trik menjaga psikis untuk UKEN dimasa pandemi’.

“Materi ini berkaitan dengan psikis ketika menghadapi masalah atas pekerjaan sebagai notaris dan khusus ketika persiapan UKEN,” sebut Amrizakar sembari mengatakan pada sesi pertama ini akan dimoderatori oleh Dyah Puspitarini, SH, SE ,M.Kn yang adalah juga Notaris/PPAT/praktisi.

Pemateri kedua, menampilkan Dr. Ali Arben, SH. MH. M.Kn, Notaris/PPAT di Kab. Kampar, Provinsi Riau yang juga seorang praktisi dengan judul materi ‘UKEN untuk pembentukan karakter pejabat notaris’.

“Pada sesi pemateri kedua ini bakal dimoderatori oleh Drs. Alimunir Tasri, S.H, Sp.N yang
adalah juga notaris/PPAT/Dosen dan Ex.VP. Internal Auditor PT.Indosat Tbk,” sebut Amrizakar.

Sedangkan pemateri ketiga akan tampil ia sendiri, Amrizakar, SH. M.Kn dengan materi berjudul ‘Teknik wawancara dan teknik menjawab soal UKEN’.

“Materi ini berkaitan dengan wawancara yang berkaitan dengan pekerjaan notaris sehari- hari bertemu dengan klien dan masyarakat,” tukas Amrizakar sembari juga mengatakan pada sesi ketiga ini akan dimoderatori oleh Ediwar Rachman, SH. M.Kn yang adalah juga Notaris/PPAT dan motivator serta berpengalaman di bidang seminar.

Webinar ini, lanjut Amrizakar tidak hanya bagi ALB tetapi bermanfaat juga bagi notaris aktif terutama dalam implementasi kode etik dalam menjalankan jabatan.

Misalnya dalam hal teknik menjawab wawancara. Hal itu berguna setiap hari bagi notaris.

“Dalam menerima tamu dan klien tentu terjadi wawancara untuk dapatnya suatu menjadi pekerjaan,” tukas Amrizakar, mencontohkan.

“Dengan kata lain bekal UKEN selain ilmu hafalan juga ilmu psikologi menghadapi persoalan dan masalah. Karena jika kepintaran semata di andalkan atau IQ dirasa belum cukup perlu mengasah kemampuan EQ dan SQ yang akan dikupas tuntas pada webinar nantinya,” sambung Amrizakar.

Terakhir sebut Amrizakar, pelaksanaan webinar terbuka bagi rekan notaris dan mahasiswa kenotariatan yang ingin menimba ilmu soal psikologi jabatan dan teknik wawancara yang berguna dalam menghadapi klien/para pihak dalam pekerjaan.

“Acara akan diisi juga berbagi pengalaman dengan notaris soal UKEN. Untuk itu silakan segera mendaftar di https://forms.gle/qyoMVh9yza3LHT3Y7, kuota terbatas,” pungkas Amrizakar.

(AL)

loading...