Srikandi IKWI Luak Limopuluah Turut Galang Donasi Bencana: Panggilan Jiwa dan Kepedulian Tanpa Batas

Srikandi IKWI Luak Limopuluah Turut Galang Donasi Bencana Panggilan Jiwa dan Kepedulian Tanpa Batas

TOPSUMBAR – Para srikandi anggota Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Luak Limopuluah melakukan aksi peduli dengan mengumpulkan donasi untuk korban bencana alam di Sumatera Barat.

Dalam aksi tersebut, para istri wartawan tak hanya berjibaku memilah dan menyusun bantuan, tetapi juga turun ke jalan untuk menggalang donasi.

Menurut Ketua IKWI Luak Limopuluah, Rini Aspon Dedi, aksi tersebut merupakan panggilan jiwa dan kepedulian tanpa batas dari para srikandi tersebut.

Bacaan Lainnya

Mereka turut merasakan pilu mendalam atas kondisi para korban bencana alam di Sumatera Barat, sehingga memutuskan untuk turun tangan membantu.

Tanpa ada paksaan dari suami, para perempuan ini berdiri di jalan dengan menjinjing keranjang plastik untuk mengumpulkan donasi uang dari masyarakat pengendara dan dermawan pada Selasa, 21 Mei 2024.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap korban bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini. Selain membantu para suami yang juga menggalang dana di lapangan, sebagai para istri, kami juga turut membantu turun ke lapangan dalam rangka meringankan beban saudara yang sedang tertimpa musibah,” ujar Rini.

Selain Rini Aspon Dedi, anggota IKWI Luak Limopuluah lainnya seperti Zulzila Jenny Rahmat, Iif Nofra Jeffrey Ricardo Magno, Miming Sugandi Hermiko, Hayana Jonres Marianto, dan Leli Erlita Medio Agusta juga turut serta dalam aksi tersebut.

Aksi penggalangan donasi ini merupakan tradisi Balai Wartawan Luak Limopuluah setiap kali terjadi bencana alam di wilayah Sumatera Barat.

Para srikandi IKWI Luak Limopuluah juga terlibat aktif dalam pengepakan bantuan serta menyempurnakan aksi penggalangan donasi yang telah dilakukan oleh komunitas Balai Wartawan Luak Limopuluah sejak beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, aksi juga telah dilakukan sejak 17 Mei 2024 lalu di Tugu Adipura, Pusat Pasar Kota Payakumbuh dan diikuti hingga 80 orang yang tergabung sebagai anggota IKWI Luak Limopuluah.

Selain itu, mereka juga telah mendirikan tenda posko donasi penggalangan bantuan bencana untuk mempermudah para dermawan dalam memberikan bantuan terhadap korban bencana.

Hingga Selasa kemarin, 21 Mei 2024 melalui koordinator aksi penggalangan donasi bencana alam menyatakan bahwaswanya bantuan telah terkumpul sebanyak Rp 12 Juta.

Bukan hanya bantuan uang, sejumlah bantuan lain seperti pakaian layak pakai, beras, telur, minyak goreng, air minum kemasan, makanan siap saji, hingga kebutuhan lainnya juga telah terkumpul untuk segera disalurkan kepada korban bencana alam.

Para wartawan senior dari Balai Wartawan Luak Limopuluah mengapresiasi kepedulian dan solidaritas yang ditunjukkan oleh para srikandi IKWI Luak Limopuluah dalam menggalang donasi untuk korban bencana alam.

Mereka menegaskan bahwa aksi tersebut akan terus berlanjut sebagai bentuk dukungan dan kepedulian terhadap sesama.

“Kita juga telah melakukan aksi ini saat bencana gempa yang melanda Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat lalu. Bahkan kita juga turun langsung ke lokasi untuk menyalurkan bantuan,” ujarnya Dodi Sastra.

“Aksi ini akan terus berlanjut, ini adalah bentuk solidaritas dari para jurnalis di Luak Limopuluah. Kita berterimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam aksi ini, termasuk para dermawan yang turut serta dalam memberi sumbangan untuk disalurkan kepada para korban bencana,” tutupnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait