Pastikan Ketersediaan Stok Darah di PMI Dharmasraya Memadai, Bupati Imbau ASN Rutin Donor Darah

Pastikan Ketersediaan Stok Darah di PMI Dharmasraya Memadai, Bupati Imbau ASN Rutin Donor Darah

TOPSUMBAR – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, yang juga menjabat sebagai Ketua Apkasi, mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Dharmasraya untuk mendonorkan darah mereka secara rutin.

Tujuannya adalah untuk memastikan ketersediaan stok darah yang memadai di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Dharmasraya.

“Saya mengajak seluruh ASN di lingkungan Pemkab Dharmasraya untuk bersedia menyumbangkan darahnya ke PMI. Ketersediaan stok darah ini penting agar kita dapat memberikan pelayanan yang cepat dan memadai kepada masyarakat yang membutuhkan darah,” ucapnya pada Rabu, 17 April 2024.

Bacaan Lainnya

Seruan ini dilontarkan mengingat ketersediaan stok darah di PMI seringkali minim, dengan hanya ada tiga atau empat kantong darah untuk setiap golongan darah, bahkan ada golongan darah yang stoknya kosong.

Hal ini menyulitkan masyarakat yang membutuhkan transfusi darah mendapatkan pasokan yang cukup.

“Dengan rutin mendonorkan darahnya, ASN dapat berperan aktif dalam membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan darah. Kita harus peduli terhadap situasi ini, sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik,” tambahnya.

Selain manfaat langsung bagi penerima transfusi darah, donor darah juga memiliki beragam manfaat bagi pendonornya, seperti pemeriksaan kesehatan gratis, meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kadar zat besi dalam tubuh, dan merangsang produksi sel darah.

“Kita berharap semua ASN di Pemkab Dharmasraya akan merespon imbauan ini dengan baik dan secara rutin menyumbangkan darahnya. Kita dapat memastikan ketersediaan stok darah di PMI Dharmasraya dapat terjaga dengan baik. Serta dapat memenuhi kebutuhan siapa pun yang membutuhkan,” tutupnya.

(YAN)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait