One Way Padang-Bukittinggi Diberlakukan, Kapolres Padang Panjang Himbau Masyarakat Tidak Lawan Arus

TOPSUMBAR – Jalur satu arah (one way) Padang-Bukittinggi yang juga melewati Kota Padang Panjang resmi berlaku pada Minggu (7/4/2024).

Pemberlakuan jalur satu arah tersebut dalam rangka mengatasi kepadatan arus lalu lintas sebelum Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

Sehubungan Polres Padang Panjang juga memberlakukan sistem one way untuk mengatasi kepadatan arus kendaraan di jalur Padang menuju Bukittinggi maupun sebaliknya itu, Kapolres Padang Panjang AKBP Kartyana Widyarso Wardoyo Putro menghimbau masyarakat tidak melawan arus.

Kapolres Padang Panjang mengatakan pelaksanaan ‘one way di wilayah hukum Polres Padang Panjang perdana dilaksanakan Minggu (7/4/2024).

One way di mulai dari pukul 12.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB, yang mana jalur satu arah di gunakan dari arah Padang menuju BukittinggiĀ  mulai dari Simpang Tiga Sicincin (Padang Pariaman) sampai Simpang Padang Luar (Bukittinggi).

Untuk kendaraan dari arah Bukittinggi menuju Kota Padang akan melewati daerah Malalak dan keluar di pertigaan Sicincin.

Ia menuturkan arus kendaraan dari arah Padang menuju Bukittinggi terpantau normalĀ  melintas di wilayah polres Padang Panjang masih sama dengan beberapa hari sebelumnya.

“Selama pelaksanaan One Way kami telah menempatkan personil yang telah bergabung dengan stake holder lainnya di setiap tempat dan simpang yang di anggap rawan. Kepada personil pun ditekankan untuk selalu waspada dan humanis ketika melaksanakan tugas ketika meminta sesorang berhenti atau memutar balik,” imbuh Kapolres.

Selain itu, ia menyebutkan untuk Kota Padang Panjang pihaknya sudah menyiapkan jalur alternatif, bagi masyarakat yang ingin ke arah Silaing Bawah dari arah Pasar Pusat bisa melewati arah Kampung Manggis keluar di Simpang Mifan.

“Namun jika ingin ke arah dibawah Simpang Mifan bagi kendaraan roda dua kita mengamankan trotoar untuk bisa dilewati, ini tidak berlaku bagi kendaraan roda empat,” tegasnya.

Kapolres juga berpesan kepada pengguna kenderaan agar tidak melawan arus guna menghindari kecelakaan.

“Sebab saat sistem one way berlaku pengendara menggunakan jalur kanan dengan kecepatan tinggi,” pungkasnya mengingatkan.

Sementara itu, pantauan Topsumbar.co.id pada hari ini Senin, (8/4), hari kedua pemberlakuan sistem one way Padang-Bukittinggi yang melewati Padang Panjang berjalan lancar.

(AL)

Pos terkait