Tim Kreatif DPRD Sumbar Terus Kembangkan Pemanfaatan IT dalam Pelayan Publik

Tim Kreatif DPRD Sumbar Terus Kembangkan Pemanfaatan IT dalam Pelayan Publik. (Foto: Dok.Istimewa)
Tim Kreatif DPRD Sumbar Terus Kembangkan Pemanfaatan IT dalam Pelayan Publik. (Foto: Dok.Istimewa)

TOPSUMBAR – Kreativitas tim dan tenaga IT yang ada di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah memiliki peran besar dalam kegiatan pengelolaan media sosial sejak awal 2023, yang telah memperoleh nuansa baru dalam cara penyampaian informasi tentang bagaimana meningkatkan kepedulian publik kepada aktivitas di DPRD Sumbar untuk semakin baik.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD Sumbar, Zardi Syahrir, dalam sesi evaluasi kinerja tenaga IT DPRD Sumbar di ruang diskusi publik Masjid Asy Syura, pada hari Kamis, 21 Maret 2024.

Kabag Persidangan juga menyebutkan bahwa kinerja tenaga IT dalam mensuport semua kegiatan kedewanan DPRD Sumbar telah berjalan cukup baik, baik dalam pengelolaan media sosial, suport publikasi pemberitaan maupun dalam pengelolaan dokumentasi visual DPRD Sumbar.

Bacaan Lainnya

“Kami sangat berterima kasih kepada tim IT yang telah melakukan kinerjanya dengan cukup baik. Kami berharap semoga semua apa yang telah dilakukan menjadi inspirasi kemajuan kegiatan publikasi dalam meningkatkan kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah provinsi Sumatera Barat,” ujar Zardi.

Zardi juga mengingatkan bahwa keberhasilan kegiatan pengelolaan media sosial tidak berhenti sampai di sini saja. Akan tetapi, harus terus dilakukan hal-hal yang produktif dan kreatif di tahun 2024 ini.

“Kita tidak boleh terlalu cepat puas dengan pencapaian kinerja tahun 2023, walaupun langkah-langkah yang telah kita ambil pada tahun sebelumnya dapat menjadi fondasi untuk pencapaian yang lebih baik di masa mendatang. Coba terus lakukan riset hal-hal yang memudahkan, menarik dan membuat tampilan-tampilan medsos kreatif yang cepat dan mudah dicerna masyarakat,” ajaknya.

Zardi mengatakan, dalam pengembangan dan pemanfaatan kemajuan teknologi infornasi tidak ada batas ruang dan waktu. Teknologi informasi ini akan terus berkembang dengan cepat, kita hanya butuh ide, gagasan dan solusi cepat dari masalah terkait penyelenggaraan pemerintahan maupun pengelolaan informasi publik.

“Jika kita bisa meramalkan perkembangan penggunaan informasi ke depan, mengapa tidak kita mulai sekarang?. Hal ini akan memungkinkan kita untuk menjadi yang terdepan dan terbaik,” sebutnya.

Zardi juga mengajak untuk berpikir kreatif dan produktif, dengan berbagai kemudahan fasilitasi kegiatan kedewanan kita manfaatkan untuk mencari solusi dan hal-hal baru sesuai profesi keahlian kita masing-masing untuk berkembang pesat dan bermanfaat bagi banyak orang.

“Persoalan layanan administrasi tamu, keamanan kantor, memonitor molitas aktifitas kedewanan, penilaian kinerja sdm dan hal-hal cepat dalam sebaran informasi publik. Tentunya perlu pemikiran-pemikiran dengan cara cepat digital dan hal-hal lain, termasuk hari ini tantangan kita cara produksi editing film 3 dimensi,” ungkapnya.

Zardi juga mendorong setiap potensi tenaga IT DPRD untuk aktif melakukan diskusi yang melahirkan gagasan-gagasan baru dalam meningkatkan efektivitas kerja yang lebik baik.

“Jika nanti butuh dukungan fasilitasi, pelatihan, studi tiru atau dalam pengolahan gagasan tersebut butuh peralatan dan lain sebagainya tentu akan difasilitasi pimpinan,” jelasnya.

Japung Humas, Publikasi, Protokol dan Perpustakaan DPRD Sumbar, Dahrul Idris juga menyebutkan, kita mesti tuntaskan semua agenda yang telah ditargetkan secara baik dan tepat waktu.

“Kita sudah ada kerjasama dengam perpusnas RI, kemitraan dengan perguruan tinggi Sumbar dan produktivitas kinerja yang hendaknya berkembang meningkat dari tahun sebelumnya, ini amanah tugas yang kita mesti lakukan bersama-sama,” ujar Idris.

Idris menekankan bahwa dalam meningkatkan layanan pengelolaan informasi publik dan dokumentasi kinerja DPRD Sumbar, proses harus dilakukan secara berkelanjutan dengan koordinasi yang baik dan pelaporan yang cepat.

“Kita tidak boleh hanya menunggu perintah. Kreativitas, tanggung jawab, dan dedikasi kerja sangatlah penting. Oleh karena itu, jika ada kendala atau hambatan yang dapat mengganggu produktifitas kinerja tim IT, hal tersebut harus segera dilaporkan dan dikoordinasikan,” tegasnya.

(MH)

Pos terkait