Semangat Ramadhan, Saka Bakti Husada Kota Solok Gelar Bakti Sosial dan Buka Bersama

Semangat Ramadhan, Saka Bakti Husada Kota Solok Gelar Bakti Sosial dan Buka Bersama
Semangat Ramadhan, Saka Bakti Husada Kota Solok Gelar Bakti Sosial dan Buka Bersama

TOPSUMBAR – Dalam bulan Ramadhan, sejumlah anggota Pramuka yang tergabung dalam Satuan Karya (Saka) Bakti Husada Dinas Kesehatan Kota Solok menyelenggarakan kegiatan bakti sosial pada Rabu, 27 Maret 2024.

Kegiatan Pramuka merupakan salah satu bentuk ekstrakurikuler yang dapat mengembangkan minat, bakat, dan karakter anak. Di dalamnya, terdapat beragam kegiatan yang dapat membentuk karakter anak, seperti rasa cinta tanah air, kemampuan berkomunikasi, disiplin, kejujuran, kemandirian, tanggung jawab, kerja keras, jiwa sosial, peduli terhadap lingkungan, dan lain-lain.

Kegiatan ini diikuti oleh 22 anggota dan beberapa Pembina Saka Bakti Husada (SBH) yang didampingi oleh Sub Koordinator Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Niko Rianda Putra, SKM, MKM.

Bacaan Lainnya

Bakti sosial dilakukan dengan membawa beberapa bahan pokok seperti beras, minyak, dan gula yang akan disalurkan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Sebelumnya, anggota SBH telah melakukan survei untuk menentukan penerima manfaat yang layak.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, Dr. Ns. Elvi Rosanti, S.Kep, M.Kes, turut melepas kegiatan bakti sosial ini di Aula Dinas Kesehatan Kota Solok, didampingi oleh Kepala Bidang Kesmas, Ns. Hartini, S.Kep, M.Biomed.

“Bakti sosial merupakan salah satu wujud aksi dari SBH Dinas Kesehatan Kota Solok. Anggota SBH turut serta dalam aksi langsung ke masyarakat untuk berbagi pada bulan Ramadhan,” ujar Elvi.

Selain kegiatan bakti sosial, dilakukan juga acara Buka Bersama untuk mempererat silaturahmi anggota SBH Dinas Kesehatan Kota Solok. Elvi menambahkan bahwa acara ini tidak hanya diikuti oleh anggota dan dewan SBH aktif, namun juga melibatkan alumni yang telah melanjutkan ke perguruan tinggi.

Pemuda merupakan generasi penerus bangsa, oleh karena itu, penanaman pendidikan kesehatan dan kesadaran tentang kesehatan sejak dini diharapkan dapat menjadi modal utama dalam pembangunan kesehatan di masa depan. Partisipasi Saka Bakti Husada Dinas Kesehatan Kota Solok dalam menyampaikan informasi kesehatan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

(GRA)

Pos terkait