MTsN Kota Solok Tawarkan Jalur Khusus Bagi Lulusan MIN Kota Solok dan MIS Kampung Jawa Tahun Ajaran 2024/2025

MTsN Kota Solok Tawarkan Jalur Khusus Bagi Lulusan MIN Kota Solok dan MIS Kampung Jawa Tahun Ajaran 2024/2025
MTsN Kota Solok Tawarkan Jalur Khusus Bagi Lulusan MIN Kota Solok dan MIS Kampung Jawa Tahun Ajaran 2024/2025

TOPSUMBAR – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, H. Mustafa, didampingi oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Muhibut Tibri, melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (PBM) selama bulan Ramadhan tahun 2024 di MTsN Kota Solok pada hari Rabu, 27 Maret 2024.

Kedatangan H. Mustafa beserta rombongan disambut oleh Kepala MTsN, Marta Rinalson, untuk meninjau secara langsung kelancaran pelaksanaan PBM selama bulan Ramadhan ini.

Marta Rinalson, selaku kepala Madrasah, memberikan laporan langsung mengenai kegiatan selama bulan Ramadhan serta kegiatan yang akan dilaksanakan setelah bulan Ramadhan di MTsN Kota Solok.

Bacaan Lainnya

Rincian kegiatan tersebut mencakup Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 20 April, Simulasi Asesmen Madrasah pada tanggal 19 April, Wisuda Tahfiz pada tanggal 23 April, pelaksanaan Asesmen Madrasah dari tanggal 25 April hingga 3 Mei, Jalan-jalan bersama pada tanggal 4 Mei dengan izin orangtua, dan Perpisahan dengan kelas IX pada tanggal 8 Mei 2024.

Saat ini sedang berlangsung pesantren yang diikuti oleh kelas VIII selama satu minggu, yang sebelumnya didahului oleh pelaksanaan pesantren Ramadhan oleh kelas VII. Kehadiran siswa mencapai 100%, dengan jumlah 870 orang, dan saat ini sedang berlangsung proses pendaftaran untuk wisuda Tahfiz bagi peserta didik MTsN.

Marta Rinalson mengumumkan bahwa tahun ini akan dibuka jalur khusus penerimaan peserta didik, di mana semua peserta didik dari MIN Kota Solok dan MIS Kampung Jawa akan diterima di MTsN Kota Solok. H. Mustafa, sebagai Kakankemenag Kota Solok, mengapresiasi kebijakan jalur khusus yang dibuka oleh Marta Rinalson.

Ia menyatakan bahwa pembelajaran akan diberikan kepada peserta didik yang ingin masuk ke MTsN, tanpa memandang kondisi apapun, dengan harapan agar pendidikan mereka dapat berkembang secara optimal.

Kakankemenag berharap agar peserta didik yang berprestasi di MIN Kota Solok dan MIS Kampung Jawa juga mendaftar di MTsN Kota Solok. Ia menekankan pentingnya pelaksanaan penerimaan PPDB sesuai dengan petunjuk teknis yang telah ditetapkan.

H. Mustafa juga menyampaikan bahwa pendidikan memerlukan kerjasama dari semua pihak. Ia berharap bahwa di bawah koordinasi Kasi Pendidikan Madrasah, semua kegiatan selama bulan Ramadhan dapat dilaporkan ke Kemenag untuk diteruskan ke Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar melalui Bidang Pedmad.

Sebelumnya, Muhibut Tibri, Kasi Pendidikan Madrasah, juga mengungkapkan rencana untuk membentuk kantin halal di bawah pengawasan Kantor Kementerian Agama Kota Solok, dengan bimbingan dari Penyuluh Agama Islam. Hal ini dilakukan untuk memperoleh sertifikat halal sehingga dapat menjamin kebersihan semua makanan yang disajikan di kantin, mulai dari proses pembuatan hingga pengemasannya.

(GRA)

Pos terkait