Pj Wali Kota Payakumbuh Hadiri Rakor BKN, ASN Abdi-Masyarakat yang Netral dalam Pemilu 2024

Pj Wali Kota Payakumbuh Hadiri Rakor BKN, ASN Abdi-Masyarakat yang Netral dalam Pemilu 2024

TOPSUMBAR – Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman hadiri rapat koordinasi Pengawasan dan Pengendalian BKN tahun 2024 di Bali.

Rapat tersebut dilaksanakan di The Stone Hotel-Legian Bali, Jalan Raya Pantai Kuta Banjar Legian Kelod Legian Bali, Selasa, 6 februari 2024.

Rakor tersebut mengangkat tema “Mewujudkan Netralitas ASN dalam Bingkai Meritokrasi: Menuju Birokrasi Berkelas Dunia” diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Bacaan Lainnya

Dihadiri oleh Sekjen Kemendagri, Gubernur, Bupati/Walikota, Sekda, Inspektur dan Pejabat Bidang Kepegawaian se-Indonesia secara virtual.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Menpan-RB, Abdullah Azwar Anas secara daring.

Dalam sambutannya, Ia menyatakan bahwa setiap ASN harus bersikap objektif, tidak bias, dan bebas dari kepentingan pribadi.

Menurutnya, ASN diwajibkan mempunyai asas netralitas berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2004 yang menyatakan ASN dilarang menjadi anggota dan/atau pengurus parpol.

“ASN diminta untuk tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.” ungkap Anas.

Ia juga menekankan perlunya pengarahan, pengawasan, dan pengendalian untuk implementasi manajemen ASN di instansi.

“Ini adalah langkah pemerintah tingkatkan efisiensi, efektivitas, profesionalisme ASN sesuai regulasi yang ditetapkan.” ucapnya.

“Bersinergi untuk profesionalisme ASN sesuai etika, disiplin, kompeten, dan core value, memudahkan menuju birokrasi dunia.” tambahnya.

“Meritokrasi merupakan upaya strategis dalam mencegah korupsi, berdasarkan Reformasi Birokrasi Berkelas Dunia.” tutupnya.

Pj Jasman juga mengatakan bahwa pergerseran Abdi-Negara ke Abdi-Masyarakat merupakan sumber filosofi ASN, dari dilayani menjadi melayani masyarakat.

Hal ini tentu menciptakan ASN yang mandiri, baik sikap maupun berdasarkan tindakan.

Menurutnya, ASN wujud dari peradaban, integritasnya melawan kebodohan, serta bentuk karakter anti korupsi dan penyalahgunaan wewenang.

Ia juga menekankan ASN harus bersikap netral dalam menghadapi pemilu 2024, karena ketidaknetralan akan merugikan negara, pemerintah, maupun masyarakat.

Hal ini dikarenakan ASN merupakan komponen utama pemerintahan untuk menjamin kelangsungan Pemilu maupun Pemilukada 2024.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait